20130522

Makalah Pengertian dan Landasan Kurikulum

Makalah pengertian dan landasan kurikulum ini merupakan makalah pendidikan yang memaparkan pembahasan mengenai pengertian kurikulum dan landasan kurikulum. Makalah disusun sebagai tugas mata kuliah Telaah Kurikulum Matemetika Sekolah Menengah oleh mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sesuai dengan judul makalah yang diambil, pembahasan dalam makalah pendidikan ini memang seputaran kurikulum pendidikan. Kurikulum dapat diartikan sebagai seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum juga dapat dilihat sebagai:

  1. Kurikulum memuat isi dan materi pelajaran
  2. Kurikulum sebagai rencana pembelajaran
  3. Kurikulum sebagai pengalaman belajar

Dan mengenai landasan kurikulum, secara garis besar terdapat beberapa landasan kurikulum yang di antaranya adalah:

  1. Landasan Filosofis
  2. Landasan Psikologis
  3. Landasan Sosial-budaya
  4. Landasan Ilmu pengetahuan dan teknologi
  5. Landasan Kebutuhan Pembangunan


 

Baca dan Download Makalah Pengertian dan Landasan Kurikulum

Tertarik untuk membaca pemaparan mengenai pengertian kurikulum dan landasan kurikulum secara lebih lengkap. Silakan baca makalah ini secara online atau download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.



Makalah ini tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 17 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah pendidikan tentang pengertian dan landasan kurikulum ini bermanfaat.

MAKALAH LAINNYA:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 5/22/2013

1 comments :

Tinggalkan komentar Anda di sini: