20130506

Makalah Akhlak Dalam Perjalanan

Makalah Akhlak Dalam Perjalanan ini merupakan salah satu koleksi kumpulan makalah agama islam yang mencoba membahas tentang akhlak dan tata cara dalam perjalanan. Makalah yang disusun oleh siswa Madrasah Aliyah Nurul Quran Pucakwangi, Pati ini disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran Akidah Akhlak.
Pada zaman Rasulullah, melakukan perjalanan telah menjadi tradisi masyarakat Arab. Dalam Al Qur’an Surah Al Quraisy yang disebut di atas, Allah mengabadikan tradisi masyarakat Arab yang suka melakukan perjalananpada musim tertentu untuk berbagai keperluan. Karena itu tidak heran jika Islam sebagai satu-satunya agama yang mengatur kegiatan manusia dalam melakukan perjalanan, mulai dari masa persiapan perjalanan, ketika masih berada dirumah, selanjutnya pada saat dalam perjalanan dan ketika sudah kembali pulang dari suatu
Dalam kehidupan modern, seiring dengan kemajuan pola hidup serta tingkat kesibukan seseorang melakukan perjalanan jauh (safar) merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini juga telah berlaku pada masa Rasulullah Saw., oleh sebab itu Islam melalui Rasulullah Saw. telah memberikan tuntunan yang terinci tentang akhlak dalam perjalanan, mulai dari persiapan, dalam perjalanan dan sampai ketika sudah kembali dari perjalanan itu sendiri.
Dalam makalah ini coba sibahas mengenai akhlak selama perjalanan dengan pembahasan meliputi:

  1. Apa pengertian Akhlak dalam perjalanan ?
  2. Bagaimana bentuk akhlak dalam perjalanan ?
  3. Apa Nilai Positif Akhlak dalam Perjalanan ?
  4. Ada Berapa Permasalahan Penting Dalam Safar ?
dalam-perjalanan

Baca dan Download

Untuk membaca pemaparan lebih lengkap mengenai akhlak dalam perjalanan silakan baca makalah secara online atau langsung download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.
Makalah ini tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 10 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, dan daftar pustaka.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah atau Daftar Makalah Agama.
Semoga makalah agama islam mengenai akhlak dalam perjalanan ini bermanfaat.

MAKALAH LAINNYA:


MAKALAH AGAMA

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 5/06/2013