20140110

Metodologi dan Jenis-Jenis Penelitian

Metodologi penelitian dan jenis-jenis penelitian menjadi sebuah contoh makalah metodologi penelitian dengan judul “Jenis-jenis Penelitian”. Sebagaimana judulnya, makalah ini memperkenalkan dan menjelaskan tentang jenis-jenis penelitian yang ada. Mulai dari penelitian dasar dan penelitian terapan hingga membandingkan penelitian ilmu sosial dengan ilmu alam.

Makalah “Jenis-jenis Penelitian” ini disusun oleh sekelompok mahasiswa Pendidikan Sosiologi dan Antropologi di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penyusunannya ditujukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Metodologi Penelitian.

Penelitian secara umum terdiri atas dua penelitian yaitu penelitian dasar dan penelitian terapan. Penelitian dasar menekankan pada hasil berupa ilmu pengetahuan dan orientasinya yang tidak mempertimbangkan masyarakat di dalamnya. Penelitian terapan adalah penelitian yang hasilnya berupa aplikasi baru dari penelitian yang sudah ada dan mempertimbangkan masyarakat di dalamnya.

Perbandingan penelitian ilmu alam dan penelitian ilmu sosial. Jika ilmu alam berumur lebih tua dan memiliki alat-alat serta metode yang teruji untuk memecahkan masalah sesulit dan sekompleks apapun itu. Penelitian ilmu alam menggunakan metode kuantitatif dan prediksinya cenderung lebih akurat. Dalam ilmu alam, peneliti sebagai pengamat yang imparsial. Sementara itu ilmu sosial memiliki variabel yang lebih kompleks dan sulit jika diukur dengan metode kuantitatif. Peneliti dalam ilmu sosial tidak bisa menjadi pengamat yang imparsial, dia harus berada di dalam obyek yang membuat proses dan fenomena sosial itu sendiri. Peneliti ilmu sosial susah mengadakan percobaan-percobaan dalam kerjanya sehingga pengelompokan-pengelompokan dengan perlakuan dan kontrol tidak mungkin dilakukan secara akurat.

Itulah sepenggal nukilan dari kesimpulan yang diambil oleh penyusun makalah berjudul “Jenis-jenis Penelitian” ini. Untuk membaca makalah ini secara komplit dan lengkap ataupun jika ingin langsung mendownloadnya sebagai bahan perbandingan dan referensi penulisan makalah yang sejenis sila langsung unduh dengan mengklik tautan berikut:
Pun jika ingin membaca berbagai judul makalah tentang antropologi dan sosiologi lainnya silakan kunjungi dan lihat daftarnya di:
Semoga makalah ini bermanfaat.


Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 1/10/2014

5 comments :

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Ecommerce & Responsive Website Development!
    Creation of sites for business - the company WebiProg offers you bespoke web development and web design of online stores based on CMS OpenCart or other platforms. You will get: custom desing, speed optimization, security patches, catalog, multilingual, multisite, connection to different payment and delivery systems, etc. Visit our website!

    ReplyDelete
  4. buat yang mau download makalah lengkap bisa kunjungi blog kami http://downloadmakalahdanskripsi.blogspot.com/

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Anda di sini: