20130126

Makalah | Peran Kedudukan Perempuan Menurut Islam

MAKALAH | PERAN KEDUDUKAN PEREMPUAN MENURUT ISLAM ini adalah sebuah makalah tentang agama islam dan gender dengan judul selengkapnya "Peran dan Kedudukan Perempuan Dalam Pandangan Islam". Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan oleh mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Peran dan kedudukan perempuan menjadi pembahasan di setiap zaman. Peran dan kedudukan perempuan sangat dipengaruhi oleh pandangan masyarakat terhadap perempuan. Setidaknya ada tiga pandangan masyarakat terhadap perempuan yang terbagi atas tiga fase yaitu fase menghinakan, fase mendewakan, fase menyamaratakan ( Alfan, tanpa tahun: 10)

Kedudukan dan peran perempuan. Gambar: nitaaryani-binti-samil.blogspot.com

Dalam pandangan Islam perempuan memiliki kedudukan yang sama dibandingkan dengan laki-laki. Dari sudut penciptaan, kemuliaan, dan hak mendapatkan balasan atas amal usahanya perempuan memiliki kesetaraan dengan laki-laki. Sedangkan dalam hal peran perempuan memiliki perbedaan dengan laki-laki. Peran perempuan yang wajib adalah sebagai anggota keluarga yaitu sebagai istri dari suami dan ibu bagi anak-anaknya.

Sedangkan peran perempuan sebagai anggota masyarakat dalam urusan muamalah mendapatkan profesi (pekerjaan) dihukumi dengan rukhshah darurat. Meskipun diperbolehkan namun harus selalu mementingkan segi kemaslahatan baik bagi rumah tangga maupun bagi masyarakat. Apabila lebih banyak kemudaratannya bagi keluarga maka profesi di luar rumah harus ditinggalkan mengingat sesuatu yang darurat tidak boleh meninggalkan hal yang wajib.

BACA DAN DOWNLOAD. Selengkapnya makalah agama islam berjudul "Peran dan Kedudukan Perempuan Dalam Pandangan Islam" ini dapat dibaca atau didownload dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 16 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau bingung saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 1/26/2013

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: