20130124

Makalah Hukum | Hukuman Mati dan HAM

MAKALAH HUKUM | HUKUMAN MATI DAN HAM ini merupakan sebuah makalah tentang hukum dengan judul selengkapnya "Problematika Hukuman Mati Berkaitan Dengan Hak Asasi Manusia (HAM)". Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Hukum dan HAM oleh mahasiswa fakultas Hukum Universitas Jendral Soedirman Purwokerto.

Perdebatan tentang hukuman mati sudah cukup lama berlangsung dalam wacana hukum pidana di Indonesia. Dari pendekatan historis dan teoritik, hukuman mati adalah pengembangan teori absolut dalam ilmu hukum pidana. Teori ini mengajarkan tentang pentingnya efek jera (detterence effect) dalam pemidanaan. Dari pendekatan secara historis dan teoritik tersebut maka hukuman mati menjadi wacana pro dan kontra di Indonesia sejak dahulu hingga sekarang. Bagi yang kontra didasarkan pada alasan atau menyangkut HAM (Hak Asasi Manusia), salah satunya ialah hak manusia untuk hidup hal ini didasarkan pada Pasal 28 A Undang-Undang Dasar 1945. Sebagai hak yang dianugerahkan Tuhan, hak hidup tidak bisa diambil oleh manusia manapun meski atasnama Tuhan sekalipun. berangkat dari alasan inilah maka hukuman mati bertentangan dengan Hak Asasi Manusia.

Demonstrasi menolak hukuman mati

Sebaliknya bagi yang pro berpendapat bahwa penjatuhan hukuman mati tidak ada hubungannya dengan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). sebab segala bentuk hukuman pada dasarnya melanggar hak asasi orang. Secara normatif hukuman mati diterapkan di negara-negara modern khususnya Indonesia atas perbuatan-perbuatan yang berhubungan dengan subversi, makar, terorisme, pembunuhan berencana dan lain-lain. Dengan demikian pantaslah orang yang melakukan demikian dijatuhi hukuman mati.

BACA DAN DOWNLOAD. Selengkapnya makalah hukum dan ham ini dapat dibaca atau didownload dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 7 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau bingung saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 1/24/2013

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: