20130128

Makalah Agama | Dasar Muamalah Jual Beli

MAKALAH AGAMA | DASAR MUAMALAH JUAL BELI ini merupakan sebuah makalah agama islam dengan judul selengkapnya "Dasar-dasar Muamalah Dalam Jual Beli". Makalah ini disusun sebagai tugas mata kuliah Agama Islam Kemuhammadiyahan oleh mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pagaralam.

Mu’amalah adalah satu aspek dari ajaran yang telah melahirkan peradaban Islam yang maju di masa lalu. Ia merupakan salah satu bagian syari’at Islam, yaitu yang mengatur kehidupan manusia dalam hubungan dengan manusia, masyarakat dan alam. Karena mu’amalah merupakan aspek dari ajaran Islam, maka ia juga mengandung aspek teologis dan spiritual. Aspek inilah yang merupakan dasar dari mu’amalah tersebut.

Sehubungan dengan itu bimbingan mualamah menjadi penting, karena masalahnya komplek, ia berkaitan dengan masalah rohani dan jasmani, manusia dan alam, dunia akhirat. Disamping itu bimbingan mu’amalah akan mengarahkan kehidupan duniawi, dan mendapatkan ganjaran diakhirat.

Transaksi jual beli

Dalam makalah ini membahas muamalah tentang jual beli, dimana manusia dijadikan Allah SWT sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lain. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus berusaha mencari karunia Allah yang ada di muka bumi sebagai sumber ekonomi.

Manusia sebagai makhluk sosial yang diciptakan Allah SWT yang saling membutuhkan satu dengan yang lain tak lepas dalam urusan jual beli guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Jual beli juga merupakan aktivitas sehari-hari setiap orang untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya, dan setiap orang yang terjun dalam bidang jual beli harus mengetahui hukum jual beli agar jual beli tersebut tidak ada yang dirugikan, yang sesuai dengan syariat islam.

BACA DAN DOWNLOAD. Selengkapnya makalah agama tentang muamalah jual beli ini dapat dibaca atau didownload dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 11 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau bingung saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah agama islam berjudul "Dasar-dasar Muamalah Dalam Jual Beli" ini bermanfaat.

MAKALAH AGAMA ISLAM LAINNYA:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 1/28/2013

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: