20130125

Karya Tulis | Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Bangsa

KARYA TULIS | BAHASA INDONESIA SEBAGAI IDENTITAS BANGSA ini merupakan sebuah karya tulis ilmiah koleksi Blog Pusat Makalah tentang bahasa dengan judul Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Bangsa. Karya tulis ini disusun sebagai salah satu tugas oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Dasar RI 1945, Pasal 36. Ia juga merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia sebagaimana disiratkan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Meski demikian, hanya sebagian kecil dari penduduk Indonesia yang benar-benar menggunakannya sebagai bahasa ibu karena dalam percakapan sehari-hari yang tidak resmi masyarakat Indonesia

Bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa. Gambar: pesatnews.com

Secara sejarah, bahasa Indonesia merupakan salah satu dialek temporal dari bahasa Melayu yang struktur maupun khazanahnya sebagian besar masih sama atau mirip dengan dialek-dialek temporal terdahulu seperti bahasa Melayu Klasik dan bahasa Melayu Kuno. Secara sosiologis, bolehlah kita katakan bahwa bahasa Indonesia baru dianggap "lahir" atau diterima keberadaannya pada tanggal 28 Oktober 1928. Secara yuridis, baru tanggal 18 Agustus 1945 bahasa Indonesia secara resmi diakui keberadaannya

Fungsi Bahasa Indonesia Seminar Politik Bahasa Nasional, 25-28 Februari 1975 di Jakarta, antara lain merumuskan bahwa di dalam kedudukannya bahasa nasional, bahasa Indonesia (selanjutnya disingkat BI) berfungsi sebagai: Lambang kebanggaan nasional. Lambang identitas nasional, Pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda latar belakang sosial budayabahasa. Alat perhubungan antar budaya dan antar daerah (Pusat Pembinaan dan pengembangan Bahasa, 1975:5). Beriringan dengan pesatnya perkembangan BI sebagai lambang identitas nasional, teraktualisasikan pula perkembangan bahasa daerah (selanjutnya disingkat BD) sebagai lambang identitas daerah yang keberadaannya diakui di dalam UUD 1945.


BACA DAN DOWNLOAD. Selengkapnya karya tulis ini dapat dibaca atau didownload dengan mengklik gambar di bawah.


Karya tulis ilmiah ini tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 39 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau bingung saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Karya Tulis.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 1/25/2013

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: