20130130

Makalah Sosiologi | Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan

MAKALAH SOSIOLOGI | MASYARAKAT PEDESAAN DAN PERKOTAAN ini merupakan sebuah makalah tentang Ilmu Sosial Dasar dengan judul "Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan". Makalah ini disusun sebagai tugas mata kuliah Ilmu Sosial Dasar oleh mahasiswa Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Masyarakat pedesaan dan perkotaan bukanlah dua komonitas yang terpisah sama sekali satu sama lain. Bahkan dalam keadaan yang wajar diantara keduanya terdapat hubungan yang erat. Bersifat ketergantungan, karena diantara mereka saling membutuhkan. Kota tergantung pada dalam memenuhi kebutuhan warganya akan bahan bahan pangan seperti beras sayur mayur, daging dan ikan. Desa juga merupakan sumber tenaga kasar bagi bagi jenis jenis pekerjaan tertentu dikota. Misalnya saja buruh bangunan dalam proyek proyek perumahan. Proyek pembangunan atau perbaikan jalan raya atau jembatan dan tukang becak. Mereka ini biasanya adalah pekerja pekerja musiman. Pada saat musim tanam mereka, sibuk bekerja di sawah. Bila pekerjaan dibidang pertanian mulai menyurut, sementara menunggu masa panen mereka merantau ke kota terdekat untuk melakukan pekerjaan apa saja yang tersedia.

Perempuan desa

Penyusun makalah "Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan" mencoba memaparkan permasalahan melalui pembahasan yang meliputi:
  1. Definisi Masyarakat
  2. Masyarakat Desa
  3. Masyarakat Kota
  4. Perbedaan Masyarakat Desa dan Kota
  5. Hubungan Desa dan Kota

BACA DAN DOWNLOAD. Selengkapnya makalah sosiologi ini dapat dibaca atau didownload dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 19 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau bingung saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 1/30/2013

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: