20130108

Makalah Filsafat | Filsafat Hermeneutika, Perkembangan dan Tokoh

MAKALAH FILSAFAT | FILSAFAT HERMENEUTIKA, PERKEMBANGAN DAN TOKOH ini merupakan sebuah makalah tentang filsafat dengan judul "Filsafat Hermeneutika: Studi Tentang Filsafat Bahasa dan Para Tokohnya. Makalah ini disusun sebagai tugas mata kuliah Filsafat Ilmu oleh mahasiswa program Pascasarjana STAIN Cirebon.

Hermeneutika adalah kata yang sering didengar dalam bidang teologi, filsafat, bahkan sastra. Hermeneutik Baru muncul sebagai sebuah gerakan dominan dalam teologi Protestan Eropa, yang menyatakan bahwa hermeneutika merupakan “titik fokus” dari isu-isu teologis sekarang. Martin Heidegger tak henti-hentinya mendiskusikan karakter hermeneutis dari pemikirannya. Filsafat itu sendiri, kata Heidegger, bersifat (atau harus bersifat) “hermeneutis” (Komarudin Hidayat: 1996)

Hermeneutika (Indonesia), hermeneutics (Inggris), dan hermeneutikos (Greek) secara bahasa punya makna menafsirkan. Seperti yang dikemukakan Zygmunt Bauman, hermeneutika berasal dari bahasa Yunani hermeneutikos berkaitan dengan upaya “menjelaskan dan memelusuri” pesan dan pengertian dasar dari sebuah ucapan atau tulisan yang tidak jelas, kabur, dan kontradiksi, sehingga menimbulkan keraguan dan kebingungan bagi pendengar atau pembaca.
BACA DAN DOWNLOAD. Selengkapnya makalah filsafat ini dapat dibaca atau didownload dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 27 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau bingung saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah tentang Filsafat Hermeneutika ini dibermanfaat; menjadi bahan referensi atau sebagai contoh makalah filsafat sejenis.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 1/08/2013

1 comments :

Tinggalkan komentar Anda di sini: