20121117

Artikel Peran Bahasa Indonesia di Era Globalisasi

ARTIKEL PERAN BAHASA INDONESIA DI ERA GLOBALISASI ini merupakan artikel tentang bahasa Indonesia yang ditulis oleh M. Chandra Saputra. Artikel ini membahas tentang bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa Indonesia, ciri bahasa Indonesia, kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, sikap pemakai bahasa Indonesia yang negatif, serta peran bahasa Indonesia di era globalisasi.

ABSTRAK. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa. Bahasa pengantar yang biasa digunakan baik dalam acara resmi maupun tidak resmi yang merupakan ciri bangsa Indonesia. Seiring perkembangan zaman, bahasa Indonesia banyak mengadopsi istilah – istilah asing guna memperkaya perbendaharaan bahasa Indonesia tanpa mengurangi kekhasan bahasa Indonesia. Tidak hanya sampai itu, dari segi penggunaan, bahasa Indonesia sekarang pun banyak digunakan menjadi bahasa prokem atau bahasa gaul. Bahasa prokem ini merupakan pembauran antara bahasa Indonesia dan bahasa Daerah. Penggunaan bahasa prokem ini biasa juga digunakan dalam acara resmi, yang sudah barang tentu hal ini tidak sesuai dengan konsep pengunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Seperti sebuah ungkapan "Bahasa menunjukkan bangsa" di era globalisasi bahasa Indonesia mempunyai peranan yang sangat penting, yaitu sebagai identitas bangsa ini. Hendaknya kita dapat mempelajari dan mempergunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar sebagai penghargaan terhadap bahasa Indonesia. Maju bahasa, majulah bangsa. Kacau bahasa, kacaulah pulalah bangsa. Keadaan ini harus disadari benar oleh setiap warga negara Indonesia sehingga rasa tanggung jawab terhadap pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia akan tumbuh dengan subur di sanubari setiap pemakai bahasa Indonesia.

BACA DAN DOWNLOAD. Untuk mengaji lebih lanjut pembahasan dalam artikel berjudul Peran Bahasa Indonesia di Era Globalisasi ini silakan untuk membacanya ataupun mendownloadnya dengan mengklik gambar di bawah.

PANDUAN DOWNLOAD. Apabila mengalami kesulitan saat membaca atau mendownload, baca Cara Download.

Semoga artikel tentang bahasa ini bermanfaat.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 11/17/2012

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: