20121101

Makalah Model Pembelajaran Kooperatif Pada Matematika

MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATEMATIKA seperti tampak pada judulnya merupakan sebuah makalah tentang pendidikan yang mencoba membahas model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran kooperatif yang dibahas di sini dikhususkan tentang tipe Student Team Achievement Division (STAD). 

Pembelajaran kooperatif sendiri merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok. Model pembelajaran kooperatif mengutamakan kerja sama dalam menyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran kooperatif dikembangkan diskusi dan komunikasi dengan tujuan agar siswa saling berbagi kemampuan, saling belajar berpikir kritis, saling menyampaikan pendapat, saling memberi kesempatan menyalurkan kemampuan, saling membantu belajar, saling menilai kemampuan dan peranan diri sendiri maupun teman lain. 

Pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang dikembangkan oleh Robert Slavin dan teman-temannya di Universitas John Hopkin (dalam Slavin, 1995) merupakan pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, dan merupakan pembelajaran kooperatif yang cocok digunakan oleh guru yang baru mulai menggunakan pembelajaran kooperatif. Siswa ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan empat orang yang merupakan campuran menurut tingkat kinerjanya, jenis kelamin dan suku. Guru menyajikan pelajaran kemudian siswa bekerja dalam tim untuk memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai pelajaran tersebut. 

Siswi-siswi melaksanakan pembelajaran kooperatif. Gambar ilustrasi: inilah-coretanku.blogspot.com

Untuk mengetahui lebih detail tentang pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), tentunya makalah ini wajib untuk dibaca dan dijadikan bahan referensi. 

BACA DAN DOWNLOAD MAKALAH. Bagi yang ingin membaca lebih lanjut atau malah ingin langsung mendownload makalah tentang Model Pembelajaran Kooperatif Pada Matematika ini silakan langsung klik gambar di bawah: 



PANDUAN DOWNLOAD. Download makalah di Blog Pusat Makalah sebenarnya tidak sulit. Namun jika masih saja bingung, silakan baca petunjuknya di artikel CARA DOWNLOAD. Jika link tidak dapat dibuka silakan tinggalkan komentar di bawah.

Semoga makalah ini bermanfaat.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 11/01/2012

1 comments :

  1. sungguh..sungguh sangat membantu dan bermanfaat. terima kasih buat pemilik dan pengunggah blog ini,semoga mendapat imbalan dari YMK.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Anda di sini: