20121119

Laporan PTK Bahasa Indonesia Kelas IV SD

LAPORAN PTK BAHASA INDONESIA KELAS IV SD ini adalah laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan judul Peningkatan Kompetensi Menulis Pantun dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa SD Negeri Gabus 01 Pati. Laporan PTK ini ditulis oleh Daryati, S.Pd, dalam rangka mengikuti Lomba Karya Ilmiah Inovatif Pembelajaran Guru Provinsi Jawa Tengah.

ABSTRAK. Pembelajaran bahasa Indonesia mengupayakan peningkatan kemampuan siswa untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis serta menghargai karya cipta bangsa sendiri. Kompetensi menulis pantun adalah salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai dan dimiliki siswa SD kelas IV. Pembelajaran membuat pantun yang merupakan bagian dari pengajaran sastra, dalam pelaksanaan masih jauh dari harapan sehingga kompetensi membuat pantun siswa kelas IV di SD Negeri Gabus 01 masih sangat rendah. Hal itu terbukti hanya 20 % siswa yang mencapai ketuntasan belajar dan nilai rata-rata siswa rendah. Oleh karena itu, perlu diupayakan pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang bervariasi dengan teknik pembelajaran yang menarik. Salah satu teknik pembelajaran yang menarik yaitu dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Yang menjadi fokus kajian penelitian ini adalah peningkatan kompetensi siswa membuat pantun dengan pendekatan kontekstual. 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi membuat pantun setelah diterapkan pendekatan kontekstual. Pembelajaran membuat pantun dengan pendekatan kontekstual adalah suatu konsep belajar dengan menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan keluarga dan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Proses penelitian tindakan kelas meliputi siklus I sebagai tes awal, siklus II, dan siklus III. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan di dalam dan di luar kelas. Pembelajaran siklus I dilakukan di dalam kelas dengan teknik pengajaran konvensional. Siklus II pembelajaran dilaksanakan di dalam kelas dengan penerapan pendekatan kontekstual, siswa memanfaatkan nama benda dan peristiwa di dalam kelas untuk membuat sampiran dan isi pantun. Siklus III pembelajaran dilaksanakan di luar kelas, siswa memanfaatkan nama benda dan peristiwa di lingkungan sekolah untuk membuat sampiran dan isi pantun. 

Dengan memanfaatkan nama benda dan peristiwa di lingkungan terdekat siswa, ternyata siswa lebih mudah membuat sampiran maupun isi pantun. Data yang diperoleh diolah secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kompetensi membuat pantun. Rata-rata nilai dan ketuntasan belajar mengalami peningkatan yang signifikan, siklus I sebagai tes awal 49,25 (20 %), siklus II 68,6 (52,8 %), siklus III 82,25 (92,5 %). Hasil observasi terhadap sikap siswa juga menunjukkan adanya peningkatan menjadi lebih baik. Siswa lebih antusias menerima pelajaran dan pembelajaran menjadi menyenangkan.

BACA DAN DOWNLOAD. Selengkapnya tentang Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul Peningkatan Kompetensi Menulis Pantun dengan Pendekatan Kontekstual pada Ssiwa SD Negeri Gabus 01 Pati ini dapat dikaji lebih detail dengan membacanya atau pun langsung mendownloadnya. Untuk membaca atau mendownload, klik tautan berikut:
  1. Halaman Judul, Kata Pengantar, Daftar Isi, dll
  2. Bab I Pendahuluan
  3. Bab II Kajian Pustaka
  4. Bab III Pelaksanaan Penelitian
  5. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan
  6. Bab V Penutup
  7. Lampiran-lampiran
Kesemua file Laporan PTK tersebut tersedia dalam format microsoft word office yang siap dibaca langsung atau pun jika berminat diunduh gratis.

PANDUAN DOWNLOAD. Apabila mengalami kesulitan saat membaca atau pun mendownload laporan PTK Bahasa Indonesia Kelas IV SD tersebut di atas, silakan baca panduannya di Cara Download. Dan apabila berminat untuk membaca berbagai laporan PTK dan PKP lainnya, baca daftar lengkapnya di Daftar PTK/PKP.

Semoga laporan PTK ini bermanfaat.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 11/19/2012

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: