20121104

Media Pembelajaran Penggunaan Teorema Pythagoras

MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG TEOREMA PYTHAGORAS ini merupakan media pembelajaran berbasis flash yang ringan, mudah digunakan, namun disajikan dengan menarik sehingga sangat tepat untuk mempelajari tentang teorema pythagoras.

Seperti yang kita ketahui, teorema pythagoras adalah suatu keterkaitan dalam geometri Euklides antara tiga sisi sebuah segitiga siku-siku. Teorema ini dinamakan menurut nama filsuf dan matematikawan Yunani abad ke-6 SM, Pythagoras. Pythagoras sering dianggap sebagai penemu teorema ini meskipun sebenarnya fakta-fakta teorema ini sudah diketahui oleh matematikawan India, Yunani, Tionghoa, dan Babilonia jauh sebelum Pythagoras lahir. Pythagoras mendapat kredit karena ialah yang pertama membuktikan kebenaran universal dari teorema ini melalui pembuktian matematis.

Teorema pythagoras mengatakan "luas daerah persegi yang panjang sisinya adalah sisi miring suatu segitiga siku-siku sama dengan jumlah luas daerah persegi yang yang panjang sisinya adalah sisi siku-siku segitiga tersebut". Teorema ini dapat digunakan dalam berbagai hal di kehidupan sehari-hari.


Untuk mempelajari dan memahami teorema pythagoras ini, kini terdapat media pembelajaran interaktif yang menarik. Media pembelajaran ini berisikan konsep-konsep penggunaan teorema pythagoras pada segitiga siku-siku, bidang datar, hingga bangun ruang. Di samping menyediakan konsep juga terdapat contoh-contoh penggunaan teorema pythagoras yang tersajikan hanya dengan mengklik gambar atau bidang yang dikehendaki. Di bagian akhir media ini pun dilengkapi beberapa soal latihan yang tentunya akan sangat berguna dalam meningkatkan pemahaman akan teorema pythagoras.

DOWNLOAD MEDIA. Media buatan Pustekkom Depdiknas ini dalam format swt yang ringan dengan ukuran hanya 128 kb saja. Tidak perlu diinstal dan bisa dijalankan dengan media player. Bagi yang berminat silakan langsung download dengan mengklik gambar berikut:


PETUNJUK DOWNLOAD. Jika mengalami kesulitan dalam mengunduh media pembelajaran ini ikuti petunjuknya di CARA DOWNLOAD. Dan jika membutuhkan software pendukung silakan kunjungi halaman SOFTWARE PENDUKUNG.

Semoga media pembelajaran ini bermanfaat.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 11/04/2012

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: