20130209

Makalah | Peran Pemerintah dan Masyarakat Dalam Melestarikan Budaya

MAKALAH | PERAN PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DALAM MELESTARIKAN BUDAYA ini merupakan sebuah makalah budaya dengan judul selengkapnya "Peran Pemerintah dan Masyarakat Dalam Melestarikan Kebudayaan". Makalah ini disusun oleh mahasiswa Universitas Gunadarma.

Pemerintah baik pusat maupun daerah serta seluruh lapisan masyarakat dan rakyat indonesia wajib melindungi kebudayaan nasional agar kebudayaan nasional tetap terjaga sampai akhir zaman. Budaya Nasional merupakan aset Bangsa Indonesia yang harus memperoleh perhatian lebih terutama di era globalisasi saat ini. Budaya nasional menjadi bagian penting negara Indonesia yang dapat dikembangankan dan dikelola sebaik-baiknya. 

Pakaian adat Aceh, salah satu budaya Indonesia

Budaya nasional harus menjadi bagian dari aset Bangsa Indonesia yang dapat mendatangkan pendapatan bagi masyarakat dan negara. Pemerintah dan masyarakat wajib untuk menjaga dan melestarikan budaya nasional karena buudaya nasional merupakan identitas suatu negara. Kontribusi dari pemerintah dan masyarakat haruslah nyata dilakukan agar tujuan terpeliharanya budaya nasional dapat terwujud dan terus dipertahankan. 

Dengan meningkatkan jati diri budaya lokal dan Menjaga kebudayaan bangsa berarti dapat mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila. Dengan begitu untuk harapannya budaya budaya milik Negara Indonesia masih tetap terjaga, dan tidak di klaim oleh negara tetangga dan anak cucu kita masih bisa menikmati kesenian kesenian budaya daerah yang dimiliki masing masing daerah. Jika perlu peran pemerintah perlu dimantapkan lagi, dengan cara mendata kesenian kesenian apa saja yang dimiliki masing masing daerah di seluruh pelosok Bangsa.

BACA DAN DOWNLOAD. Selengkapnya silakan baca secara online atau langsung download makalah gratis ini  dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 13 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau bingung saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah budaya ini bermanfaat.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 2/09/2013