20130219

Makalah | Pancasila Sebagai Ideologi Nasional

MAKALAH | PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL ini merupakan sebuah makalah tentang pancasila sekaligus makalah filsafat dengan judul "Pancasila Sebagai Ideologi Nasional". Makalah ini disusun oleh mahasiswa STIMIK Pringsewu Lampung.

Sebagai dasar filsafat serta ideologi bangsa dan negara Indonesia, Pancasila tidaklah terbentuk secara mendadak. pancasila pun bukan hanya diciptakan oleh seseorang sebagaimana yang terjadi pada ideologi-ideologi lain di dunia, namun terbentuknya Pancasila melalui proses yang cukup panjang dalam sejarah bangsa Indonesia. Ideologi Pancasila yang diterapkan di Indonesia bila dibandingkan dengan ideologi besar lain di dunia mempunyai suatu perbedaan. Di satu sisi terkadang perbedaan tersebut terasa dekat dan tipis, tetapi di sisi lainnya perbedaan tersebut sangat jauh dan sangat berbeda. 
 
 
Permasalahan tentang Ideologi Pancasila bukan hanya sebuah permasalahan yang berkadar kefilsafatan karena bersifat cita-cita dan normatif namun juga bersifat praksis karena menyangkut operasionalisasi dan strategi. Hal ini karena ideologi Pancasila juga menyangkut hal-hal yang mendasarkan suatu ajaran yang menyeluruh tentang makna dan nilai-nilai hidup, ditentukan secara kongkrit bagaimana manusia harus bertindak. Ideologi Pancasila tidak hanya menuntu misalnya agar setiap warga negara bertindak adil, saling tolong menolong, saling menghormati antar sesama manusia, lebih mengutamakan kepantingan umum daripada kepentingan pribadi atau kepentingan golongan dan sebagainya, melainkan juga ideologi Pancasila akan menuntut ketaatan kongkrit, harus melaksanakan ini dan itu, dan bahkan seringkali menuntut dengan mutlak orang harus bersikap dan bertindak tertentu. 
 
Lalu sejauh mana Perwujudan Pancasila dalam pelaksanaan fungsinya sebagai ideologi nasional telah dilakukan dan apakah posisi ideologi bangsa Indonesia saat ini sudah sesuai pada koridor yang sesungguhnya atau cenderung eksplisit ke paham-paham lain selain Pancasila? Itulah yang dikaji dalam makalah ini.


BACA DAN DOWNLOAD. Untuk membaca pemaparan selengkapnya silakan baca secara online atau download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah pancasila tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 22 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, daftar isi, dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 2/19/2013