20130222

Makalah Kesehatan | Glaukoma

MAKALAH KESEHATAN | GLAUKOMA ini merupakan sebuah makalah tentang kesehatan yang menjadi koleksi Blog iMakalah dengan judul selengkapnya "Glaukoma Sudut Terbuka dan Sudut Tertutup". Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah oleh mahasiswa Fakultas kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung.

Glaukoma adalah penyebab kebutaan utama kedua di Indonesia, dimana rata-rata penyakit ini terjadi pada orang-orang berusia 40 tahun ke atas. Berdasarkan analisa WHO tahun 2012, glaukoma merupakan penyebab kebutaan kedua di dunia. Glaukoma sudut terbuka primer merupakan bentuk glaukoma yang tersering, yang menyebabkan pengecilan lapangan pandang bilateral progresif asimtomatik yang timbul perlahan dan sering tidak terdeteksi sampai terjadi pengecilan lapang pandang yang ekstensif. 

Yohana, peserta X Factor yang ternyata penderita glaukoma
Mekanisme peningkatan tekanan intraocular pada glaukoma adalah gangguan aliran keluar humor akueus akibat kelainan sistem drainase sudut kamera anterior (glaukoma sudut terbuka) atau gangguan akses humor akueus ke sistem drainase (glaukoma sudut tertutup). 
Pada semua pasien glaukoma, perlu tidaknya terapi segera diberikan dan efektivitasnya dinilai dengan melakukan pengukuran tekanan intraocular (tonometry), inspeksi diskus optikus dan pengukuran lapangan pandang secara teratur. Penatalaksanaan glaucoma sebaiknya dilakukan oleh ahli oftalmologi, tetapi besar masalah dan pentingnya deteksi kasus-kasus asimtomatik mengharuskan adanyanya kerjasama dengan petugas kesehatan yang lain.


BACA DAN DOWNLOAD. Untuk membaca pemaparan lebih lengkap tentang glaukoma silakan baca secara online atau download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah ini tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 18 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 2/22/2013