20130209

Makalah Perempuan dan Sumber Daya Ekonomi

MAKALAH PEREMPUAN DAN SUMBER DAYA EKONOMI ini merupakan sebuah makalah tentang ekonomi sekaligus makalah antropologi dengan judul selengkapnya "Perempuan, Sumber Daya Ekonomi, dan Modal Sosial". Makalah ini disusun oleh mahasiswa Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Dalam makalah ini penyusun mencoba melihat bagaimana eksistensi perempuan dalam mencoba memenuhi kebutuhan hidup dan keluarganya di zaman yang serba ‘susah’. Dalam mencoba memenuhi kebutuhan hidup dan keluarganya itu para kaum perempuan ini melakukan berbagai aktivitas yang bergerak di sektor informal yang nantinya dari hasil kegiatan atau aktivitas tersebut para perempuan ini dapat sedikit membantu keuangan keluarga mereka. Kaum perempuan yang dimaksudkan disini adalah kaum perempuan yang berasal dari kelompok menengah ke bawah.
 
Pekerja Perempuan
 
Isu perempuan, sumber daya ekonomi, dan modal sosial adalah isu yang penting untuk dapat memotret bagaimana perempuan-perempuan tersebut dapat mengatasi kesulitan finansial keluarga mereka dengan cara aktivitas-aktivitas tersebut dengan membangun jejaring sosial di lingkungan tempat tinggal mereka. Dan dengan hal ini dapat juga diketahui bagaimana peran penting perempuan dari kelompok miskin perkotaan dalam membangun strategi bertahan, mengingat selama ini perempuan hampir selalu dikaitkan dengan peran domestik sebagai isteri dan ibu yang hanya bertugas mengelola rumah tangga. Perempuan bergerak aktif mengatasi keterbatasan ekonomi keluarga mereka dengan membangun modal sosial dengan sesama perempuan dari kalangan di sekitar tempat tinggal mereka yang tujuannya dapat menggalang dana kolektif untuk dapat mencukupi keuangan keluarga mereka.


BACA DAN DOWNLOAD. Baca secara online atau langsung donwload makalah gratis tentang ekonomi dan antropologi dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 17 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau bingung saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 2/09/2013