20130220

Makalah | Peran Komunikasi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pesisir

MAKALAH | PERAN KOMUNIKASI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR ini merupakan sebuah contoh makalah komunikasi dengan judul "Peran Komunikasi dalam Pemberdayaan Masyarakat Pesisir." Makalah ini disusun oleh Siti Amanah, Dosen Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor.

Status dan kondisi masyarakat pesisir berhubungan dengan beberapa faktor termasuk karakteristik ekologi, karakteristik ekonomi dan sosial budaya, karakteristik alam dan geografis, kebijakan pemerintah, kearifan lokal dan pengetahuan, dan Cosmopolites mereka. Sampai saat ini, masyarakat pesisir khususnya masyarakat perikanan kecil masih menghadapi masalah kurangnya informasi, akses terbatas asset dan modal, dan ketergantungan terhadap bantuan eksternal. Situasi ini juga ditemukan di Bali utara, sedangkan sebagian besar masyarakat perikanan menjalankan bisnis mereka secara tradisional. 

Gadis pesisir. Gambar: www.fotografindo.com

Pengembangan strategi komunikasi yang efektif dan program akan membantu masyarakat untuk lebih sadar akan pengelolaan sumberdaya pesisir. Penelitian ini dilakukan di Gerokgak dan Kabupaten Buleleng, Bali Utara. Sejumlah 128 responden yang terlibat dalam penelitian dan 10 pemimpin informal memberikan kontribusi informasi tentang berbagai program di wilayah tersebut.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pembangunan didesak untuk dapat memberikan fasilitasi lebih dalam hal memberdayakan kelompok perikanan, peningkatan kapasitas kelompok dalam pengelolaan sumber daya pesisir; pembesaran orang pilihan, pendekatan partisipatif pelaksanaan, dan jaringan untuk mendukung penguatan masyarakat dalam mengelola bisnis.

BACA DAN DOWNLOAD. Untuk membaca pembahasan lebih lengkap mengenai peran komunikasi dalam pemberdayaan masyarakat pesisir silakan baca secara online atau download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah komunikasi ini tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 18 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 2/20/2013