20130217

Makalah Kesehatan | Diabetes Mellitus

MAKALAH KESEHATAN | DIABETES MELLITUS ini merupakan salah satu makalah kesehatan koleksi Blog i-Makalah yang mempunyai judul selelngkapnya "Penanggulangan Diabetes Mellitus Tipe 2". Makalah ini disusun oleh Dr. Dra. Nurhaedar Jafar, Apt, M.Kes, dan dipresentasikan dalam SeminarIlmiah tentang Gizi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.

Diabetes Melitus merupakan penyakit menahun yang ditandai oleh antara lain; kadar gula darah yang tinggi dan gangguan metabolisme pada umumnya. Diabetes Mellitus bila tidak dikendalikan dengan baik akan menimbulkan berbagai komplikasi baik yang akut maupun yang menahun. Kelainan dasar dari penyakit ini ialah kekurangan hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas, yaitu kekurangan jumlah dan atau dalam kerjanya ( Isniati,2003). Jumlah Penderita diseluruh dunia Jumlah penderita di seluruh dunia tahun 1998 yaitu ± 150 juta, tahun 2000 yaitu ± 175,4 juta diperkirakan tahun 2010 yaitu ± 279 juta (Murwani, 2007). 
Berdasarkan Riskesdas 2007 , Prevalensi penyakit Diabetes Mellitus di Indonesia berdasarkan diagnosis oleh tenaga kesehatan adalah 0,7% sedangkan prevalensi DM (D/G) sebesar 1,1%. Data ini menunjukkan cakupan diagnosis Diabetes Mellitus oleh tenaga kesehatan mencapai 63,6%, lebih tinggi dibandingkan cakupan penyakit asma maupun penyakit jantung. Prevalensi nasional Penyakit Diabetes Melitus adalah 1,1% (berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan dan gejala). 
Menurut konsensus Pengelolaan Diabetes melitus di Indonesia penyuluhan dan perencanaan makan merupakan pilar utama penatalaksanaan Diabetes Mellitus. Oleh karena itu perencanaan makan dan penyuluhannya kepada pasien Diabetes Mellitus haruslah mendapat perhatian yang besar (Waspadji, 2009).


BACA DAN DOWNLOAD. Untuk membaca pemaparan lebih lengkap silakan baca secara online atau download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah ini tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 29 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 2/17/2013