20130224

Makalah Kewarganegaraan | Wawasan Nusantara

MAKALAH KEWARGANEGARAAN | WAWASAN NUSANTARA ini merupakan sebuah makalah kewarganegaraan sekaligus makalah filsafat dengan judul "Wawasan Nusantara". Makalah ini disusun oleh Erfa Ekaptian Putra, mahasiswa Ilmu Administrasi di Universitas Brawijaya.

Sebagaimana judulnya, makalah ini membahas total mengenai Wawasan Nusantara. Wawasan nusantara sendiri adalah cara pandang bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yang sarwa nusantara dan penekanannya dalam mengekspresikan diri sebagai bangsa Indonesia di tengah-tengah lingkungannya yang sarwa nusantara itu. Unsur-unsur dasar Wawasan Nusantara (wasantara) itu ialah: wadah (contour atau organisasi), isi, dan tata laku. 


Dari wadah dan isi wasantara itu, tampak adanya bidang-bidang usaha untuk mencapai kesatuan dan keserasian dalam bidang-bidang:
  • Satu kesatuan wilayah
  • Satu kesatuan bangsa
  • Satu kesatuan budaya
  • Satu kesatuan ekonomi
  • Satu kesatuan hankam
Jelaslah disini bahwa Wawasan Nusantara adalah pengejawantahan falsafah Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah negara Republik Indonesia. Kelengkapan dan keutuhan pelaksanaan wasantara akan terwujud dalam terselenggaranya ketahanan nasional Indonesia yang senantiasa harus ditingkatkan sesuai dengan tuntutan zaman. Ketahanan nasional itu akan dapat meningkat jika ada pembangunan yang meningkat, dalam "koridor" wasantara.

Baca dan Download

Untuk membaca pemaparan lebih lengkap mengenai Wawasan Nusantara silakan baca secara online atau download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah ini tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 18 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah Wawasan Nusantara ini bermanfaat.

MAKALAH LAINNYA:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 2/24/2013