20130208

Makalah Olahraga | Kebugaran Jasmani dan Prestasi Belajar

MAKALAH OLAHRAGA | KEBUGARAN JASMANI DAN PRESTASI BELAJAR ini adalah makalah olahraga sekaligus makalah pendididikan dengan judul selengkapnya "Pengaruh Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar IPA dan MIPA Sekolah Dasar Negeri Banjar Jawa Singaraja". Makalah ini disusun oleh Soetopo Jurusan Ilmu Keolahragaan, IKIP Negeri Singaraja.

Tujuan penyusunan makalah ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebugaran jasmani terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS dan MIPA pada siswa kelas V SDN 3,4, dan 7 Banjar Jawa Singaraja. Populasi terdiri dari siswa kelas V SDN 3,4, dan 7 Banjar Jawa Singaraja tahun ajaran 1999/2000. Sampel adalah prestasi belajar IPS dan MIPA siswa yang berada antara 25 % kelompok atas dan 25% kelompok bawah. Teknik Sampling dengan teknik purposive sampling dan penempatan anggota sampel dilakuan dengan cara penjodohan. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan “control group pre test post test design”. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumenter. Analisis data menggunakan uji Willcoxon dengan taraf signifikansi untuk tes dua sisi sebesar 0,01. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Prestasi belajar IPS dan MIPA pada siswa kelompok kontrol yang tingkat kebugaran jasmani berada pada kategori kurang tidak menunjukkan peningkatan prestasi belajar. (2) Prestasi belajar IPS dan MIPA pada siswa kelompok perlakuan yang tingkat kebugaran jasmani mengalami peningkatan dan berada pada kategori sedang menunjukkan peningkatan prestasi belajar secara signifikan.

Pengaruh kebugaran jasmani terhadap prestasi belajar

Para kepala sekolah disarankan mengeluarkan kebijakan tentang pentingnya pembinaan kebugaran jasmani bagi siswanya, karena kebugaran jasmani merupakan pra-kondisi untuk kesiapan belajar. Para guru pendidikan jasmani hendaknya selalu memperhatikan jenis dan macam latihan fisik yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan mampu merangsang meningkatkan prestasi belajar kognitif.


BACA DAN DOWNLOAD. Silakan baca secara online atau download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 13 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau bingung saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 2/08/2013