20130202

Makalah Olahraga | Sejarah Permainan Catur

MAKALAH OLAHRAGA | SEJARAH PERMAINAN CATUR ini merupakan sebuah makalah tentang olahraga dan sejarahnya dengan judul "Sejarah Asal Usul Permainan Catur". Makalah olah raga ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Sejarah Penjas dan Olah Raga oleh mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang.

Catur merupakan cabang olah raga yang sangat popular saat ini, karena negara-negara di seluruh dunia rata-rata mengenal cabang olah raga ini baik dari golongan anak – anak maupun dari golongan orang dewasa, bahkan di daerah pedesaan pun banyak orang yang sudah pandai dalam bermain catur. Untuk itu dengan populernya olah raga ini perlu kiranya mengetahui dari mana asal usul permainan catur tersebut.

Seorang pecatur

Permainan catur menurut Wikipedia pertama kali ditemukan di masyarakat Persia dan Arab. Kata “catur” itu sendiri berasal dari kata “chaturanga,” yang dalam bahasa Sanskrit berarti “empat divisi ketentaraan.”Catur kemudian menyebar ke seluruh dunia dengan pelbagai varian permainan sampai kemudian kita kenal seperti sekarang.Permainan ini awalnya menyebar sampai ke Timur Jauh dan India dan menjadi salah satu pelajaran di keluarga kerajaan dan ningrat Persia. Pemuka agama Budha, pedagang yang lalu-lalang di Jalan Sutra mulai memperkenalkan papan catur untuk permainan ini.

Chaturanga masuk ke Eropa melalui Kejaraan Byzantine Persia, dan menyebar ke Kekaisaran Arab. Pemeluk agama Islam kemudian membawa catur ke Afrika Utara, Sisilia, dan Spanyol pada abad ke-10. Permainan ini kemudian menjadi populer di Eropa. Dan, pada akhir abad 15, permainan ini lolos dari daftar permainan yang dilarang Gereja. Pada abad modern mulai lahir buku-buku referensi catur, kemudian penggunaan jam catur, serta sejumlah aturan permainan dan pemain-pemain hebat.


BACA DAN DOWNLOAD. Selengkapnya makalah olahraga ini dapat dibaca atau didownload dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 11 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau bingung saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 2/02/2013

1 comments :

Tinggalkan komentar Anda di sini: