20130210

Makalah Peningkatan Imtaq dengan Matematika

MAKALAH PENINGKATAN IMTAQ DENGAN MATEMATIKA ini merupakan salah satu contoh makalah pendidikan dengan judul selengkapnya"Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan dengan Pembelajaran Matematika". Makalah yang disajikan dalam diskusi ilmiah Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga ini disusun oleh Suparni, S.Pd., M.Pd.

Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan dengan Pembelajaran Matematika. Gerak langkah pendidikan tidaklah dapat dilepaskan dari arus perkembangan yang terjadi dalam masyarakat yang sedang membangun, yaitu perkembangan sains dan teknologi beserta produknya, tuntutan kuantitas dan kualitas produk pendidikan, teori pendidikan dan kenyataan di lapangan. Nilai-nilai moral apakah yang ada dalam pembelajaran matematika. Penulisan makalah ini bertujuan untuk mencari nilai-nilai moral yang terkandung dalam pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.


 
Matematika sebagai salah satu ilmu dasar baik aspek terapan maupun aspek penalarannya, mempunyai peranan yang penting dalam upaya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini berarti bahwa sampai pada batas tertentu matematika perlu dikuasai oleh segenap warga negara Indonesia, baik penerapannya maupun pola pikirnya. Matematika sekolah yang merupakan bagian dari matematika yang dipilih atas dasar kepentingan pengembangan kemampuan dan kepribadian siswa serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi perlu selalu dapat sejalan dengan tuntutan kepentingan siswa menghadapi tantangan kehidupan masa depan.

Pendidikan matematika tidak dapat terlepas dari matematika itu sendiri. Oleh karena itu, untuk dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan dengan pembelajaran matematika akan lebih mudah terwujid jika terlebih dahulu mengungkap karakteristik dari matematika yaitu obyeknya yang abstrak, simbol yang kosong dari arti, kesepakatan dan pemikiran deduktif aksiomatik, dan anti kontradiksi. Tujuan pendidikan matematika harus memperhatikan (1) tujuan yang bersifat formal, yaitu penataan nalar dan pembentukan kepribadian anak, dan (2) tujuan yang bersifat material yaitu penerapan matematika serta ketrampilan matematika.

Ada beberapa nilai didik dalam pembelajaran matematika yang berkaitan dengan karakteristik dari matematika yang dapat menigkatkan keimanan dan ketaqwaan yang diharapkan dapat mendukung tujuan pendidikan nasional, di antaranya: kesepakatan, ketaatasasan/konsistensi, deduksi, semesta

BACA DAN DOWNLOAD. Pembahasan lebih detail dan lengkap makalah ini silakan baca secara online atau download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah pendidikan ini tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 18 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau bingung saat hendak membaca atau mendownload makalah ini, baca petunjuknya di Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 2/10/2013