20130207

Makalah | Pendidikan Berbasis Teknologi

MAKALAH | PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI ini merupakan sebuah makalah pendidikan sekaligus makalah teknologi informasi dan komunikasi dengan judul selengkapnya "Pengembangan Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan". Makalah ini disusun sebagai tugas akhir mata kuliah Aplikasi Komputer dan Internet oleh Lilik Kustejo, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), terutama internet telah berkembang sedemikian pesatnya dengan dampaknya terhadap berbagai sendi kehidupan manusia. Internet mampu membawa kita pada era globalisasi, suatu era dimana sekat-sekat geografis suatu wilayah, atau negara menjadi terhilangkan. Tidak hanya sekat geografis, sekat waktu-pun terhilangkan oleh Internet. Dimana dan kapanpun kita dapat bekerja, berkomunikasi, berinteraksi, menciptakan dan menyebarkan data, informasi, dan pengetahuan dengan sangat cepat dan akurat, ke berbagai belahan dunia, asal terhubung dengan internet.

Laboratorium Teknologi Informasi dan Komunikasi di sebuah sekolah

Dampak kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan sangatlah luar biasa. Berbagai model pembelajaran dengan memanfaatkan komputer seperti: e-learning (electronic learning), Computer Assisted Instruction (CAI), Computer Based Instruction (CBI), dan e-teaching (electronic teaching) sangat mungkin menghandle perkembangan dunia pendidikan. Model pembelajaran tersebut memungkinkan guru dan peserta didik mencari bahan pembelajaran sendiri langsung dari situs-situs di internet melalui komputer sebagai sarana belajar. Dengan demikian Dunia pendidikan termasuk yang sangat diuntungkan dari kemajuan TIK karena memperoleh manfaat yang luar biasa. Mulai dari eksplorasi materi-materi pembelajaran berkualitas seperti literatur, jurnal, dan buku, membangun forum-forum diskusi ilmiah, sampai konsultasi/diskusi dengan para pakar di dunia, semua itu dapat dengan mudah dilakukan dan tanpa mengalami sekat-sekat karena setiap individu dapat melakukannya sendiri.

Paparan makalah berikut ini mencoba untuk memberikan berbagai aspek tentang pendidikan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dimulai dari hal yang mendasar yakni pengertian, kemudian dilanjutkan dengan model pendidikan berbasis TIK, media TIK dalam pembelajaran, Komponen utama sistem pendidikan berbasis TIK, laboratorium virtual, strategi penerapan pendidikan berbasis TIK, dan paling akhir akan ditutup dengan suatu simpulan.

BACA DAN DOWNLOAD. Silakan baca dahulu atau langsung download makalah gratis pendidikan dan teknologi ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 16 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau bingung saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 2/07/2013