20130317

Makalah Sosiologi | Masalah Sosial dalam Kemiskinan

MAKALAH SOSIOLOGI | MASALAH SOSIAL DALAM KEMISKINAN ini adalah salah satu koleksi makalah sosiologi dengan judul "Masalah Sosial Dalam Kasus Kemiskinan". Makalah disusun oleh Dita Yusifa, mahasiswa program studi Sosiologi di fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret.

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat. Bahasannya meliputi gejala-gejala sosial, struktur sosial dan perubahan sosial. karenanya sosiologi menelaah gejala-gejala yang wajar dalam masyarakat seperti norma, kelompok sosial, lembaga masyarakat, proses sosial, perubahan sosial dan kebudayaan serta perwujudannya. Gejala-gejala tersebut ada yang tidak berlangsung secara normal sebagaimana yang dikehendaki masyarakat. Gejala-gejala abnormal tersebut dapat dinamakan sebagai masalah-masalah sosial. Dan salah satu contoh masalah sosial masyarakat yang biasa kita saksikan adalah kemiskinan.


Kemiskinan merupakan suatu keadaan di mana seseorang individu tidak mampu memelihara dirinya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan yang ada di kelompok dan juga tidak mampu memanfaatkan tenaga mental maupun fisik dalam kelompok tersebut. Kemiskinan sebagai suatu fenomena sosial ternyata tidak hanya dialami oleh negara-negara yang sedang berkembang tetapi juga terjadi di negara-negara yang tingkat perekonomiannya sudah mapan.
 
Kemiskinan merupakan permasalahan yang diakibatkan oleh kondisi nasional suatu negara dan situasi global. Dengan adanya globalisasi ekonomi dan ketergantungan antar negara dapat memberikan tantangan dan kesempatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan suatu negara dan juga memberikan resiko ketidakpastian perekonomian dunia, kependudukan maupun lingkungan hidup. Pada umumnya semua kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada peningkatan kesejahteraan rakyat. Dampak dari berbagai kebijakan tersebut adalah masih banyaknya penduduk miskin di indonesia.

Mengingat latar belakang tersebut, penyusun berusaha membuat rumusan masalah dalam makalah ini dalam beberapa point, yaitu:
  1. Mengapa masalah sosial dapat menimbulkan gejala-gejala normal dan abnormal  ?
  2. Mengapa kemiskinan dapat disebut sebagai fenomena sosial ?
  3. Apa saja penyebab kemiskinan ?
  4. Bagaimana cara menanggulangi kemiskinan ?

Baca dan Download Makalah Sosiologi

Untuk membaca pemaparan lebih lengkap terkait masalah sosial dalam kasus kemiskinan, silakan baca secara online atau download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah ini tersedia dalam file berformat microsoft office word (doc.) setebal 11 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul dan daftar pustaka.

Panduan Download

Apabila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload makalah sosiologi tentang masalah sosial dan kemiskinan ini, baca dahulu: Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah sosiologi ini bermanfaat.

MAKALAH LAINNYA:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 3/17/2013

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: