20130316

Skripsi | Wanita Pekerja Seks Komersial

Skripsi | Wanita Pekerja Seks Komersial ini adalah sebuah skripsi antropologi sosial dengan judul selengkapnya Wanita Pekerja Seks Komersial; Studi tentang Patron-Client Germo dengan PSK Di Desa Osango Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa. Skripsi ini disusun dan diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana pada jurusan antropologi pada program studi antropologi sosial. Disusun oleh oleh Henderina AR, mahasiswa Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Penelitian yang dilakukan pada bulan Maret sampai bulan Mei 2012, di Desa Osango Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa bertujuan untuk mengetahui bagaimana sejarah Patron client antara germo dengan Pekerja Seks Komersial (PSK), hubungan antara Germo dengan PSK dan bagaimana peran secara timbal balik antara Germo (patron) dengan PSK (client) di Desa Osango Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa. 


Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian diskriftif (Deskriptive Research). Informan yang digunakan adalah pekerja seks komersial dan germo yang ada di kafe Bamba Lempan dan kafe Pelangi, laki-laki hidung belang dan tokoh masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (Indepth Interview) dan observasi, yang kemudian data yang telah diperoleh dianalisa secara kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa relasi Patron client antara germo dan PSK dilatar belakangi oleh adanya kebutuhan hidup yang membuat germo sebagai patron membutuhkan pekerja dan PSK pun membutuhkan pekerjaan. Hubungan diantaranya dimulai dengan hubungan tanpa perjanjian tertulis namun didasari oleh rasa saling percaya dari masing-masing pihak. Sebagai patron, germo memiliki peran terhadap PSK (client) baik pada saat bekerja maupun dalam kehidupan sehari-harinya, untuk mengarahkan, mengontrol, dan melindungi PSK. Begitupun dengan PSK peran yaitu bekerja sesuai dengan perintah germo, melakukan kewajibannya sebagai pekerja, melayani dan menyenangkan pelanggan. Patron client antara germo dan PSK di Desa Osango Kecamatan Mamasa merupakan simbiosis mutualisme.

Baca dan Download Skripsi

Untuk menyimak pemaparan lebih lengkap mengenai wanita Pekerja Seks Komersial (PSK) dalam skripsi ini silakan baca secara online atau download gratis salah satu koleksi Kumpulan Makalah dan Skripsi Siap Download ini dengan mengklik gambar di bawah.


Skripsi ini tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 92 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, abstrak, dan daftar pustaka.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Skripsi.

Semoga skripsi ini bermanfaat.

MAKALAH LAINNYA:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 3/16/2013