20130326

Makalah Kesehatan | Air Bersih

MAKALAH KESEHATAN | AIR BERSIH ini makalah kesehatan lingkungan dengan pembahasan mengenai penyediaan air bersih. Makalah dengan judul “Kualitas Mikrobiologi Air Bersih Water Washed Diseases Hubungannya Dengan Penyakit Kulit”, disusun oleh kelompok mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Hasanuddin, Makassar.

Dewasa ini air menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian yang seksama dan cermat. Karena untuk mendapatkan air yang bersih, sesuai dengan standar tertentu, saat ini menjadi barang yang mahal karena air sudah banyak tercemar oleh bermacam-macam limbah dari hasil kegiatan manusia, baik limbah dari kegiatan rumah tangga, limbah dari kegiatan industri dan kegiatan-kegiatan lainnya. Dan ketergantungan manusia terhadap air pun semakin besar sejalan dengan perkembangan penduduk yang semakin meningkat. (Mukrimah Rahman).


Salah satu kebutuhan penting akan kesehatan lingkungan adalah masalah air bersih, persampahan dan sanitasi, yaitu kebutuhan akan air bersih, pengelolaan sampah yang setiap hari diproduksi oleh masyarakat serta pembuangan air limbah yang langsung dialirkan pada saluran/sungai. Hal tersebut meyebabkan pendangkalan  saluran/sungai, tersumbatnya saluran/sungai karena sampah pada saat musim penghujan selalu terjadi banjir dan menimbulkan penyakit.(Wakurnia Wati)

Masalah air merupakan masalah yang utama, baik masalah penyediaan air bersih di kota dan di desa, pencemaran air, maupun masalah penyaluran dan pengelolaan air buangan penduduk dan industri. Air sangat dibutuhkan oleh semua mahluk di dunia. Oleh karen itu seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia berbagai upaya dilakukan untuk menyediakan air bersih yang aman bagi kesehatan. Adapun air yang sehat harus memenuhi empat kretiria parameter. Parameter pertama adalah parameter fisik yang meliputi padatan terlarut, kekeruhan, warna, rasa, bau, dan suhu. Parameter kedua adalah parameter kimiawi yang terdiri atas berbagai ion, senyawa beracun, kandungan oksigen terlarut dan kebutuhan oksigen kimia. Parameter yang ketiga adalah parameter biologis meliputi jenis dan kandungan mikrooganisme baik hewan maupun tumbuhan. Parameter yang terakhir adalah parameter radioaktif meliputi kandungan bahan – bahan radioaktif.

Pada umumnya penyakit kusta terdapat di negara yang sedang berkembang, dan sebagian besar penderitanya adalah dari golongan ekonomi lemah. Hal ini sebagai akibat keterbatasan kemampuan negara tersebut dalam memberikan pelayanan yang memadai di bidang kesehatan, pendidikan, kesejahteraan sosial ekonomi pada masyarakat. (Masliah)

Faktor risiko lingkungan berpengaruh yaitu kondisi sanitasi yang kurang baik meliputi kebersihan rumah, kelembaban udara fasilitas sanitasi yang jelek dan juga kebiasaan masyarakat tidur bersama-sama, pakai pakaian bergantian dan BAB di kebun juga dapat memicu terjadinya penularan berbagai macam penyakit dan tidak menutup kemungkinan kusta. (Munira I.L).

Adapun untuk Scabies, Faktor yang berperan dalam penularan adalah sosial ekonomi yang rendah, hygiene perorangan yang jelek, lingkungan yang tidak saniter, perilaku yang tidak mendukung kesehatan, serta kepadatan penduduk. Faktor yang paling dominan adalah kemiskinan dan higiene perorangan yang jelek di negara berkembang merupakan kelompok masyarakat yang paling banyak menderita penyakit Scabies. (Effi Ekayanti & Qolbiyah)

Dari latar belakang tersebut di atas, penyusun makalah ini kemudian menyusun makalah dengan berpedoman pada rumusan masalah sebagai berikut:
  1. Apa yang dimaksud dengan water washed diseases ?
  2. Bagaimana hubungan antara kualitas mikrobiologi air dengan water  washed diseases ?
  3. Bagaimana hubungan antara penyakit kulit kaitannya dengan water washed diseases (scabies dan leprosy) ?

Baca dan Download

Untuk membaca pemaparan lebih lengkap dalam makalah kesehatan air bersih ini silakan baca secara online atau download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.


Salah satu dari koleksi kumpulan contoh makalah gratis ini tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 14 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah kesehatan lingkungan ini bermanfaat.

MAKALAH LAINNYA:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 3/26/2013

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: