20130313

Makalah Seni Sand Painting (Melukis Dengan Pasir)

MAKALAH SENI SAND PAINTING (MELUKIS DENGAN PASIR) ini adalah sebuah makalah tentang seni dengan topik Sand Painting atau Seni Melukis dengan Pasir. Makalah yang tercipta sebagai tugas mata kuliah Sejarah Seni Rupa dan desain ini disusun oleh Dian Fanesha Daeli, mahasiswa di Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI) Telkom.

Seni rupa saat ini sudah memasuki zaman postmodern. Banyak karya-karya seni rupa yang bermunculan dengan berbagai media. Seni rupa saat ini tidak hanya sebatas menggunakan media cat dan kuas. Seni rupa sudah mulai memakai media-media lain untuk menciptakan sebuah karya seni seperti menggunakan teknologi, berbagai barang-barang bekas dan pasir.

Seorang seniman sand painting wanita

Dalam makalah ini penyusun akan mencoba membahas mengenai seni melukis dengan pasir atau biasa dikenal sebagai Sandpainting. Pasir merupakan salah satu media baru yang digunakan oleh para seniman untuk menciptakan sebuah karya. Seni melukis dengan pasir ini termasuk salah satu jenis seni postmodern. Makalah ini akan membahas penggunaan pasir dalam pembuatan lukisan.

Sandpainting atau disebut juga sebagai drypainting adalah seni melukis dengan menggunakan pasir sebagai media untuk menciptakan sebuah lukisan pasir tetap atau tidak tetap. Seni lukis pasir semula berkembang di sebelah barat daya Amerika, oleh penduduk yang dikenal dengan sebutan “Navajo” (1800- ). Sampai saat ini, penduduk Navajo masih mempraktekkan seni lukis ini karena konon, praktek melukis dengan pasir  dipercaya mampu mengusir roh-roh jahat dan menyembuhkan sakit penyakit. Sand painting juga dipakai para biksu Tibetan, Suku Aborigin Australia dan masyarakat Amerika Latin pada acara-acara tertentu.

Baca dan Download

Untuk membaca pemaparan lebih detail mengenai sand painting ini silakan baca makalah seni ini secara online atau download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah ini tersedia dalam file berformat microsoft office word yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah seni sandpainting ini bermanfaat.

MAKALAH LAINNYA:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 3/13/2013