20130321

Makalah Kapita Selekta Life Skill

MAKALAH KAPITA SELEKTA LIFE SKILL ini adalah sebuah contoh makalah pendidikan sebagai tugas mata kuliah Kapita Selekta dengan topik pembahasan mengenai life skill. Makalah ini disusun oleh sekelompok mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, di Sekolah Tinggi Agama Islam Pati.

Pada saat ini telah terjadi perubahan paradigma. Kurikulum yang tersentralisasi diubah menjadi terdesentralisasi. Proses pembelajaran yang berbeda ini terletak pada keahlian guru meracik metode dalam menyajikan materi pelajaran. Guru tidak lagi subjek pembelajaran, melainkan siswalah yang menjadi subjek, Guru  berperan sebagai fasilitator, motivator dan salah satu alternatif sumber belajar.


Peningkatan penguasaan materi akan menambah kepercayaan guru ketika menghadapi siswa di depan kelas. Selain itu, juga memungkinkan banyak ilustrasi yang bisa dikembangkan, sehingga pembelajaran tidak “hambar” dan apabila ada dialog dengan siswa tentang persoalan materi-materi kesejarahan suasana kelas menjadi hidup  ini artinya peran guru sebagai fasilitator dan nara sumber telah dilaksanakan secara optimal. Terlebih lagi apabila digunakan model-model pembelajaran sehingga siswa akan berkesan dan tertarik dengan pembelajaran.

Mengaplikasikan pembelajaran di sekolah sangat membutuhkan keterampilan dari guru itu sendiri. Pembelajaran yang monoton akan sangat membosankan peserta didik/siswa, dan inilah tantangan yang harus dihadapi oleh guru  . Seorang guru harus mampu mengubah mainset anak, pembelajaran  yang dalam benak anak adalah  pembelajaran yang monoton, membosankan menjadi pembelajaran yang menyenangkan, menarik untuk diikuti, dan bermakna.

Demikian juga dengan aspek skill akan bisa diimplementasikan dalam pembelajaran, manakala pembelajaran itu sendiri dapat direspons secara positif oleh anak didik

Berdasarkan latar belakang tersebut, makalah Kapita Selekta berjudul Life Skill ini disusun dalam kerangka rumusan masalah sebagai berikut:
  1. Bagaimana  pengertian life skill ? 
  2. Bagaimana implementasi life skill dalam pembelajaran di sekolah ?

Baca dan Download Kapita Selekta

Untuk membaca pemaparan lebih lengkap dalam makalah Kapita Selekta: Life Skill ini silakan baca secara online melalui fasilitas preview google drive atau langsung download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah setebal 7 halaman ini merupakan salah satu bagian dari 'download makalah doc' karena tersedia dalam file berformat microsoft office word yang dilengkapi dengan halaman judul dan daftar pustaka.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah pendidikan ini bermanfaat.

MAKALAH LAINNYA:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 3/21/2013

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: