20130329

Makalah Kewarganegaraan | Hak Asasi Manusia

MAKALAH KEWARGANEGARAAN | HAK ASASI MANUSIA adalah salah satu kumpulan contoh makalah yang membahas masalah hak asasi manusia. Makalah Kewarganegaraan ini disusun oleh mahasiswa Program Studi Teknik Komputer dan Informatika di POLITEKNIK Negeri Bandung guna memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.

Hak merupakan unsur normatif yang melekat pada diri setiap manusia yang dalam penerapannya berada pada ruang lingkup hak persamaan dan hak kebebasan yang terkait dengan interaksinya antara individu atau dengan instansi. Hak juga merupakan sesuatu yang harus diperoleh. Masalah Hak Asasi Manusia adalah sesuatu hal yang sering kali dibicarakan dan dibahas terutama dalam era reformasi ini. HAM lebih dijunjung tinggi dan lebih diperhatikan dalam era reformasi dari pada era sebelum reformasi.


Melanggar HAM seseorang bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Hak asasi manusia memiliki wadah organisasi yang mengurus permasalahan seputar hak asasi manusia yaitu Komnas HAM. Kasus pelanggaran HAM di Indonesia memang masih banyak yang belum terselesaikan/tuntas sehingga diharapkan perkembangan dunia HAM di Indonesia dapat terwujud ke arah yang lebih baik.

Mengingat tingkah-laku para tokoh di berbagai bidang dewasa ini, yang berkaitan dengan situasi negeri kita di bidang politik, sosial, ekonomi dan moral, maka sudah sepantasnyalah kalau kita beramai-ramai mengingatkan dan memperingatkan mereka, dan juga kita semua, bahwa tidak mungkin ada solusi (pemecahan) terhadap berbagai persoalan gawat yang sedang kita hadapi bersama, kalau fikiran dan tindakan mereka (baca : kita juga) bertentangan dengan prinsip-prinsip Deklarasi Universal HAM. Dokumen internasional ini penting, bahkan makin terus menjadi lebih penting sekarang, dalam mengurusi persoalan ummat manusia di dunia (termasuk di Indonesia).

Dengan latar belakang tersebut, makalah kewarganegaraan dengan judul Hak Asasi Manusia ini disusun dalam kerangka rumusan masalah sebagai berikut:
  1. Apakah pengertian hak asasi manusia ?
  2. Apa saja jenis dan macam hak asasi manusia?
  3. Bagaimana sejarah perjuangan hak asasi manusia di Indonesia?
  4. Apa saja bentuk – bentuk pelaksanaan hak asasi manusia yang ada di masyarakat?
  5. Apa saja contoh – contoh pelanggaran ham?

Baca dan Download Makalah Hak Asasi Manusia

Untuk membaca pemaparan lebih lengkap mengenai Hak Asasi Manusia yang tersaji dalam makalah kewarganegeraan ini silakan baca secara online atau download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah ini tersedia dalam file berformat microsoft office word (Download Makalah doc docx dan pdf) setebal 10 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah kewarganegraan ini bermanfaat.

MAKALAH LAINNYA:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 3/29/2013

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: