20130312

Makalah Psikologi Pendidikan | Budaya Menyontek

MAKALAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN | BUDAYA MENYONTEK ini merupakan sebuah makalah pendidikan tentang perkembangan peserta didik dengan judul "Budaya Menyontek di Kalangan Pelajar" yang sekaligus makalah psikologi. Makalah ini disusun oleh Tommi Pradana, seorang mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Padang sebagai tugas mata kuliah Perkembangan Peserta Didik.

Menyontek
Fenomena menyontek sering terjadi dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, madrasah bahkan di perguruan tinggi sekalipun. Sebagian orang beranggapan menyontek di kalangan pelajar sebagai masalah yang biasa, namun tidak sedikit pula yang memandang serius masalah ini.

 
Sudah dimaklumi bahwa orientasi belajar siswa-siswi di sekolah hanya untuk mendapatkan nilai tinggi dan lulus ujian, lebih banyak kemampuan kognitif dari afektif dan psikomotor, inilah yang membuat mereka mengambil jalan pintas, tidak jujur dalam ujian atau melakukan praktek mencontek.

Jika ini terus dibiarkan saja oleh kita sebagai guru, orang tua murid, pemerhati pendidikan, pejabat pemerintah dan semua komponen masyarakat lainnya, maka dunia pendidikan tidak akan maju, malahan menciptakan manusia tidak jujur, malas, yang cenderung mencari jalan pintas dalam segala sesuatu dan akhirnya menjadi manusia yang menghalalkan segala cara untukmencapai tujuan yang diinginkannya.
 
Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi penyusun dalam penulisan makalah berjudul Budaya Menyontek di Kalangan Pelajar ini. Pembahasan dalam makalah ini meliputi:
  1. Pengertian menyontek
  2. Katagori Menyontek
  3. Tinjauan Psikologi Tentang Menyontek atau Cheating
  4. Analisis Masalah

Baca dan Download

Untuk membaca pemaparan lebih detail dan komplit mengenai makalah perkembangan peserta didik ini silakan Anda baca secara online atau download makalah gratis dengan topik Budaya Menyontek di Kalangan Pelajar ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah pendidikan tentang budaya menyontek ini tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 11 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, dan daftar pustaka.

Panduan Download

Apabila Anda mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca panduannya di artikel Cara Download. Sedangkan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, temukan daftar lengkapnya di artikel Daftar Makalah.

Semoga makalah ini dapat menjadi contoh makalah pendidikan bagi Anda dan bermanfaat.

MAKALAH LAINNYA:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 3/12/2013