20130314

Makalah Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia

MAKALAH TATA BAHASA BAKU BAHASA INDONESIA ini adalah sebuah makalah tentang bahasa Indonesia sekaligus sebagai contoh makalah bahasa Indonesia, dengan judul selengkapnya Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia; Pengantar, Pengertian Dasar, serta Bunyi Bahasa dan Tata Bunyi. Penulisan makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas mata kuliah Kapita Selekta Bahasa Indonesia. Disusun oleh mahasiswa prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang.

Dilatarbelakangi oleh ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa negara yang dituangkan dalam Undang-Undang Dasar 1945, dan sampai sekarang pemakaian bahasa Indonesia makin meluas dan menyangkut berbagai bidang kehidupan. 


Serta mengingat akan arti pentingya bahasa untuk mengarungi kehidupan masa globalisasi, yang menuntut akan kecerdasan berbahasa, berbicara, keterampilan menggunakan bahasa dan memegang teguh bahasa Indonesia, demi memajukan bangsa ini, supaya bangasa kita tidak dipandang sebelah mata oleh bangsa lain. Maka dari itu disini penulis mencoba menguraikan tentang “Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.” 

Pada makalah ini, penyusun menjelaskan mengenai penerapan fonologi si sekolah dasar yang dimulai dengan bab pendahuluan. Bab ini meliputi latar belakang, rumusan masalah, prosedur , dan sistematika penulisan.

Bab berikutnya yaitu bab dua, penyusun menguraikan secara rinci berdasarkan data-data yang penyusun peroleh dari buku dan internet mengenai kajian teori tentang pengantar Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (TBBBI), pengertian dasar seputar TBBBI serta bunyi bahasa dan tata bahasa.

Bab ketiga, merupakan bab kesimpulan dan saran dalam makalah ini. Pada bagian ini, penyusun menyimpulkan uraian sebelumnya dan memberikan saran agar para pembaca khususnya para mahasiswa untuk lebih memahami mengenai penerapan fonologi di sekolah dasar.

Baca dan Download

Untuk membaca uraian tentang tata bahasa baku bahasa Indonesia secara lebih lengkap, silakan baca secara online atau langsung download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah ini tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 33 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah bahasa Indonesia ini bermanfaat.

MAKALAH LAINNYA:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 3/14/2013