20130314

Makalah Pengaruh Peradaban Global Pada Budaya Bangsa

MAKALAH PENGARUH PERADABAN GLOBAL PADA BUDAYA BANGSA ini adalah salah satu makalah budaya tentang globalisasi yang selengkapnya berjudul Pengaruh Peradaban Global terhadap Eksistensi Budaya Bangsa. Makalah disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Sosial Budaya Indonesia oleh Ade Isma, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting kehidupan serta menciptakan berbagai tantangan dan permasalahan baru yang harus dijawab dan dipecahkan dalam upaya memanfaatkan globalisasi untuk kepentingan kehidupan. Globalisasi sendiri merupakan sebuah istilah yang muncul sekitar dua puluh tahun yang lalu, dan mulai populer sebagai ideologi baru sekitar lima atau sepuluh tahun terakhir. Wacana globalisasi sebagai sebuah proses ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga ia mampu mengubah dunia secara mendasar.


Jika di telisik lebih jauh di dalam kata globalisasi mengandung suatu pengertian dimana berbagai pergerakan barang dan jasa antar negara di seluruh dunia dapat bergerak bebas dan terbuka dalam perdagangan. Dan dengan terbukanya satu negara terhadap negara lain, hal yang dapat masuk bukan hanya barang dan jasa, tetapi juga teknologi, pola konsumsi, pendidikan, nilai budaya dan lain-lain.

Pada awalnya proses perkembangan globalisasi ditandai kemajuan bidang teknologi informasi dan komunikasi. Dari kemajuan bidang ini kemudian mempengaruhi sektor-sektor lain dalam kehidupan, seperti bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain-lain. Contoh sederhana bisa kita lihat dari teknologi internet, parabola dan TV, orang di belahan bumi manapun akan dapat mengakses berita dari belahan dunia yang lain secara cepat. Hal ini akan terjadi interaksi antar masyarakat dunia secara luas, yang akhirnya akan saling mempengaruhi satu sama lain, terutama pada kebudayaan daerah, seperti kebudayaan gotong royong, menjenguk tetangga sakit dan lain-lain akan luntur. Globalisasi juga berpengaruh terhadap pemuda dalam kehidupan sehari-hari, seperti budaya berpakaian yang kebarat-baratan, gaya rambut yang di cat berwarna cara berbahasa yang disadur dengan bahasa asing dan sebagainya.

Dengan latar belakang tersebut penyusun kemudian menetapakan rumusan masalah dalam makalah ini yang terdiri atas:
  1. Apakah sebenarnya globalisasi itu?
  2. Apa saja pengaruh yang ditimbulkan peradaban global terhadap eksistensi kebudayaan daerah di Indonesia?
  3. Bagaimana upaya agar generasi muda Indonesia tidak terlena oleh arus globalisasi yang semakin deras dan mengancam terhapusnya budaya bangsa?

Baca dan Download Makalah Budaya

Untuk menyimak uraian selengkapnya dari makalah berjudul Pengaruh Peradaban Global Terhadap Eksistensi Budaya Bangsa tersebut silakan baca secara online atau download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah ini tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 16 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah budaya ini bermanfaat.

MAKALAH LAINNYA:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 3/14/2013