20130322

Makalah Psikologi | Konflik Antar Kelompok

MAKALAH PSIKOLOGI | KONFLIK ANTAR KELOMPOK ini adalah sebuah makalah psikologi yang mengupas tentang konflik antar kelompok terutama terkait dengan agama. Makalah berjudul Konflik Dalam Kelompok Berhubungan dengan Agama ini disusun sebagai tugas mata kuliah oleh mahasiswa Universitas Gunadarma.

Konflik adalah suatu proses sosial antara dua atau lebih pihak (orang atau kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya. Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu dalam suatu interaksi.

 
Perbedaan-perbedaan tersebut diantaranya adalah menyangkut ciri fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakianan atau agama dan sebagainya. Dari ciri-ciri individual dalam interaksi sosial, konflik adalah situasi yang wajar dalam setiap masyarakat dan tidak satu masyarakat pun tidak pernah mengalami konflik antar anggotanya atau dengan kelompok masyarakat lainnya, konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri.

Jenis-jenis konflik, menurut Dahrendrof dibedakan menjadi 4 macam, yaitu :
  1. Konflik antara atau dalam peran sosial (intrapribadi), misalnya antara peranan-peranan dalam keluarga atau profesi (konflik peran/role),
  2. Konflik antara kelompok-kelompok sosial (antara keluarga, antar geng),
  3. Konflik kelompok terorganisir dan tidak terorganisir (polisi melawan masa),
  4. Konflik antar satuan nasional (kampanye, perang saudara) konflik atau tidak antar agama, konflik antar politik.

Akibat konflik, hasil dari sebuah konflik adalah sebagai berikut; meningkatkan solidaritas sesamsa anggota kelompok yang mengalami konflik dengan kelompok lain. Keretakan hubungan antar kelompok yang bertikai. Perubahan kepribadian pada individu, misalnya timbul benci, saling curiga, dan lain-lain. Kerusakan harta benda dan hilangnya jiwa manusia didominasi bahkan penaklukan salah satu pihak yang terlibat dalam konflik. Para pakar teori telah mengklaim bahwa pihak-pihak yang berkonflik dapat menghasilkan respon terhadap konflik menurut sebuah skema dua dimensi; pengertian terhadap hasil tujuan kita dan pengertian terhadap hasil tujuan pihak lainnya. Skema ini akan menghasilkan hipotesa sebagai berikut:
  1. Pengertian yang tinggi untuk hasil kedua belah pihak akan menghasilkan percobaan untuk mencari jalan keluar yang terbaik.
  2. Pengertian yang tinggi untuk hasil kita sendiri hanya akan menghasilkan percobaan untuk “memenangkan” konflik.
  3. Pengertian yang tinggi untuk hasil pihak lain hanya akan menghasilkan percobaan yang memberikan “kemenangan” konflik bagi pihak tersebut.
  4. Tiada pengertian untuk kedua belah pihak akan menghasilkan percobaan untuk menghindari konflik.

Baca dan Download Makalah Konflik Antar Kelompok

Makalah ini mencoba memaparkan tentang konflik dalam kelompok yang berhubungan dengan agama dengan pokok-pokok pembahasan meliputi:
  1. The Role of Religion in Peace Making
  2. Eclipse of the Greater Jihad
  3. Menuju Umat Beragama yang Dewasa
  4. Dinamika Konflik Etnis dan Agama di Lima Wilayah Konflik Indonesia
Untuk membaca pemaparan mengenai konflik antar kelompok secara lebih lengkap silakan baca secara online atau download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah dengan tebal 10 halaman ini tersedia dalam file berformat microsoft office word yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah psikologi ini bermanfaat.

MAKALAH LAINNYA:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 3/22/2013

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: