20130330

Makalah Bahasa Indonesia Semantik

MAKALAH BAHASA INDONESIA SEMANTIK ini merupakan salah satu contoh makalah bahasa Indonesia yang membahas tentang semantik, yaitu cabang ilmu linguistik yang mengaji makna. Makalah Bahasa Indonesia ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Konsep Dasar Bahasa Indonesia oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Bahasa merupakan sistem komunikasi yang amat penting bagi manusia. Bahasa merupakan alat komunikasi manusia yang tidak terlepas dari arti atau makna pada setiap perkataan yang diucapkan. Sebagai suatu unsur yang dinamik, bahasa senantiasa dianalisis dan dikaji dengan menggunakan berbagai pendekatan untuk mengajinya. Antara lain pendekatan yang dapat digunakan untuk mengaji bahasa ialah pendekatan makna. 


Semantik merupakan salah satu bidang bahasa yang mempelajari tentang makna.Semantik merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu kebahasaan. Bahasa indonesia sebagai Semantik merupakan cabang ilmu linguistik yang mengaji makna. Dari segi sejarah ilmu semantik (barat), semantik merupakan satu cabang kajian falsafah yang kemudian diangkat oleh disiplin linguistik sebagai salah satu daripada komponen bahasa yang utama selain sintaksis, morfologi dan fonologi. Ada yang berpendapat bahwa kajian semantik seharusnya menjadi fokus utama dalam linguistik karena peranan utama bahasa adalah untuk mengungkapkan sesuatu yang bermakna.

Dalam ilmu linguistik, terdapat beberapa pendekatan dalam kajian semantik seperti semantik struktural, semantik berasaskan kebenaran, semantik formal dan juga semantik kognitif. Setiap pendekatan mempunyai beberapa teori. Secara umumnya, semantik struktural mengkaji makna sebagai satu sistem dalaman bahasa. Semantik mensyaratkan kebenaran (truth-conditional semantics) mengaitkan makna dengan satu kebenaran sesuatu proposisi Semantik berasaskan kebenaran sering dikaitkan dengan semantik formal yang mengambil pendekatan menguraikan makna secara formal dan logikal dengan menggunakan perlambang operasi matematikal. Semantik kognitif menguraikan makna dengan berpanduan kepada sistem kognitif dan menyamakan makna dengan konsep.

Dalam makalah bahasa Indonesia "Semantik" ini akan dibahas beberapa point penting yang meliputi:
  1. Pengertian semantik
  2. Ruang lingkup semanti
  3. Jenis-jenis semantik
  4. Cakupan dari makna
  5. Bentuk relasi makna dalam bahasa Indonesia

Baca dan Download Makalah Bahasa Semantik

Untuk membaca pemaparan mengenai semantik secara lebih lengkap silakan baca secara online atau download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah setebal 18 halaman ini merupakan salah satu "download makalah doc." karena tersedia dalam file berformat microsoft office word yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah bahasa Indonesia tentang semantik ini bermanfaat.

MAKALAH LAINNYA:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 3/30/2013

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: