20130313

Makalah Akuntansi Syariah

MAKALAH AKUNTANSI SYARIAH ini adalah sebuah makalah akuntansi yang membahasa tentang akuntansi syariah. Makalah ini disusun oleh Muhammad Zaqi Bilfaqih, seorang mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal, untuk memenuhi tugas mata kuliah Seminar Akuntansi.

Saat mendengar kata ”Akuntansi Syariah” atau “Akuntansi Islam”, mungkin awam akan mengernyitkan dahi seraya berpikir bahwa hal itu sangat mengada-ada. Namun apabila kita pelajari “Sejarah Islam” ditemukan bahwa setelah munculnya Islam di Semananjung Arab di bawah pimpinan Rasulullah SAW dan terbentuknya Daulah Islamiah di Madinah terdapat undang-undang akuntansi yang diterapkan untuk perorangan, perserikatan (syarikah) atau perusahaan, akuntansi wakaf, hak-hak pelarangan penggunaan harta (hijr), dan anggaran negara. Bahkan Rasulullah SAW sendiri pada masa hidupnya juga telah mendidik secara khusus beberapa sahabat untuk menangani profesi akuntan dengan sebutan “hafazhatul amwal” (pengawas keuangan).


Dengan latar belakang tersebut, penyusun berusaha memaparkan pengertian, sejarah, dan perkembangan akuntansi syariah dalam makalah akuntansi ini. Pembahasannya antara lain meliputi:
  1. Dasar Hukum Akuntansi Syari’ah
  2. Sekilas Tentang Akuntansi Syari’ah
  3. Persamaan Akuntansi Syari’ah dengan Akuntansi Konvensional
  4. Perbedaan Akuntansi Syari’ah dengan Akuntansi Konvensional
  5. Praktek Akuntansi Pemerintahan Islam

Baca dan Download

Pembahasan menarik tentang akuntansi syariah dapat dinikmati secara lebih lengkap dan detail dalam makalah ini. Untuk itu silakan baca secara online atau langsung download makalah gratis ini dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah ini tersimpan dalam file berformat microsoft office word setebal 9 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul dan daftar pustaka.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah tentang akuntansi syariah ini bermanfaat.

MAKALAH LAINNYA:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 3/13/2013