20130311

Skripsi Bahasa | Pengelolaan Surat Menyurat

SKRIPSI BAHASA | PENGELOLAAN SURAT MENYURAT ini adalah sebuah skripsi bahasa dengan judul "Pengelolaan Surat Menyurat Pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah". Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat mendapatkan gelar Ahli Madya oleh Yulieta Rianingtyas, mahasiswa Universitas Negeri Semarang.

Abstraksi

Surat adalah sehelai kertas atau  lebih yang digunakan untuk mengadakan komunikasi secara tertulis. Surat dengan segala kelebihannya yang dimiliki ternyata masih tetap digunakan dalam aktifitas sehari-hari dalam berbagai aspek kehidupan manusia, baik itu dalam komunikasi biasa maupun juga dalam kegiatan bisnis, dinas atau juga perkantoran. Menyadari betapa pentingnya peranan surat menyurat dalam suatu organisasi atau suatu instansi pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah surat sangat berpengaruh pada kegiatan pemerintahan. Oleh karena itu, di dalam pengelolaan surat diperlukan pegawai yang memiliki ketelitian, ketrampilan, kerapian, dan pengetahuan tentang pengelolaan surat menyurat.


 
Dalam penelitian ini akan mengkaji masalah :
  1. Bagaimana prosedur pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah.
  2. Sarana apa saja yang di gunakan pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah  dalam pengelolaan surat menyurat.
  3. Kendala – kendala apa yang terjadi pada pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah.

Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui prosedur pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah, untuk mengetahui sarana apa saja yang di  gunakan dalam pengelolaan surat menyurat, dan kendala – kendala apa yang dihadapi  pada pengelolaan surat masuk dan surat keluar.

Lokasi penelitian pada Dinas Tenaga  Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah. Obyek kajian pada penelitian ini adalah Pengelolaan Surat Menyurat Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka.  Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif.

Pengelolaan surat menyurat mengunakan sistem kartu kendali. Sarana yang digunakan meliputi  buku nomor urut, map odner, map snelhecter, filling cabinet, lemari catalog, kartu kendali, lembar disposisi. Kendala yang dihadapi meliputi biaya / dana dalam pengurusan surat menyurat, tingkat pendidikan dari petugas.

Berdasarkan hasil penelitian diatas  dapat disimpulkanbahwa Pengelolaan Surat Masuk diawali dengan penerimaan, pencatatan, dan pendistribusian. Pengelolaan Surat Keluar diawali dengan Pembuatan  konsep, persetujuan konsep, pengetikan, penandatanganan, pencatatan, pemberian cap Dinas, penyampulan, pengiriman, penyimpanan. Sarana yang digunakan meliputi  buku nomor urut, map  odner, map snelhecter,  filling cabinet, lemari catalog, kartu kendali, lembar disposisi. Kendala yang  dihadapi meliputi biaya / dana dalam pengurusan surat menyurat, tingkat pendidikan dari petugas.

Demi tercapai dan tertibnya persuratan pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah Penulis  memberikan saran antara lain : dengan Pengelolaan Surat Menyurat  yang begitu banyaknya tahapan diharapkan petugas – petugas pengelolaan surat menyurat lebih teliti dalam mengolah surat supaya tidak terjadi kesalahan – kesalahan. Penambahan sarana dan prasarana untuk menunjang kearsipan sehingga kelancaran kerja dapat tercapai dengan baik. Mengingat pentingnya surat menyurat maka diperlukan peningkatan pelatihan kecermatan dalam pengelolaan surat sehingga dapat diharapkan tidak terjadi keterlambatan pengiriman.

Baca dan Download Skripsi Bahasa

Untuk membaca pemaparan lebih lengkap mengenai skripsi silakan baca secara online atau download skripsi bahasa ini dengan mengklik gambar di bawah.


Skripsi ini tersedia dalam file berformat PDF setebal 85 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, halaman persetujuan, halaman pengesahan, pernyataan, moto dan persembahan, kata pengantar, daftar isi, daftar lampiran, dan daftar pustaka.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul skripsi lainnya, baca Daftar Skripsi.

Semoga skripsi ini bermanfaat.

Skripsi Lainnya:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 3/11/2013