20130321

Skripsi | Eksploitasi Anak Jalanan

SKRIPSI | EKSPLOITASI ANAK JALANAN ini merupakan skripsi sosiologi, salah satu contoh  kumpulan skripsi dan makalah yang mencoba mengangkat fenomena eksploitasi terhadap anak jalanan. Skripsi disusun dan diajukan sebagai salah satu syarat guna memperoleh derajat kesarjanaan pada jurusan sosiologi. Penyusunnya adalah Hilmy Nasruddin Salla, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Abstrak Skripsi Eksploitasi Anak Jalanan

HILMY NASRUDDIN S, NIM E 411 08 265, jurusan Sosiologi pada Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makassar, dengan judul skripsi Eksploitasi Anak Jalanan (Studi Kasus Anak Jalanan di Pantai Losari Kota Makassar) di bimbing oleh Darwis selaku pembimbing I, Dan Buchari Mengge selaku pembimbing II.


Pembangunan infrastrukutur di Kota Makassar membuat kaum miskin kota kehilangan pekerjaan. Segala upaya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup, termasuk melibatkan anak untuk mencari uang. Keterlibatan anak dalam kegiatan ekonomi yang melewati batas kewajaran akan berdampak buruk pada anak. Anak jalanan di Pantai Losari mengalami hal tersebut. Anak jalanan kehilangan hak- hak mereka untuk tumbuh dan berkembang secara wajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksploitasi anak jalanan di Pantai Losari. Eksploitasi Anak jalanan di Pantai Losari disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari faktor budaya, ekonomi hingga faktor psikologi. Eksploitasi anak jalanan berdampak negatif pada anak jalanan baik itu dampak pendidikan, kesehatan, dan dan dampak psikis anak jalanan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan dasar penelitian purposive sampling serta tipe penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini informan dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi pustaka.

Informan dalam penelitian adalah  pengemis, pedagang asongan dan pengamen yang bekerja di Pantai Losari. Untuk menentukan informan di lakukan secara purposive sampling dengan pertimbangan anak jalanan yang telah mengalami eksploitasi dari orang tua dan masyarakat tempat anak jalanan bekerja.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksploitasi anak jalanan disebabkan oleh factor ekonomi yaitu kemiskinan,pengangguran dan rendahnya pendapatan orang tua. Faktor budaya yaitu persepsi orang tua terhadap nilai anak, penanaman etos kerja sejak dini pada anak. Faktor pendidikan yaitu rendahnya pendidikan orang tua dan tidak adanya pengetahuan orang tua mengenai undang-undang eksploitasi anak dan psikologi faktor individual anak jalanan sendiri. Adapun bentuk eksploitasi adalah eksploitasi fisik dan eksploitasi psikis. Dampak eksploitasi adalah dampak pendidikan, kesehatan, psikis, dan dampak sosial anak jalanan.

Baca dan Download Skripsi Sosiologi

Silakan baca pembahasan dalam skripsi tentang anak jalanan ini secara lebih lengkap baik dengan fasilitas preview google drive (baca online) atau langsung mendownloadnya secara free download. Caranya klik saja gambar di bawah.


Skripsi eksploitasi anak jalanan ini tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 102 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, halaman pengesahan, pernyataan keaslian skripsi, kata pengantar, abstrak, daftar isi, daftar tabel, lampiran, dan gambar, serta daftar pustaka dan lampiran-lampiran.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload skripsi sosiologi ini, baca dulu: Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Skripsi dan Tesis atau Daftar Laporan PTK dan PKP.

Semoga skripsi ini bermanfaat.

Skripsi Lainnya:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 3/21/2013

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: