SKRIPSI METODE PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH ini adalah salah dari satu kumpulan makalah dan skripsi terutama skripsi tentang pendidikan dengan judul selengkapnya Penggaruh penggunaan metode pembelajaran berdasarkan masalah pada materi sejarah pergerakan nasional terhadap sikap nasionalisme siswa SD Negeri Sekaran I Gunungpati Semarang tahun ajaran 2006/2007.
Skripsi disusun oleh untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada Universitas Negeri Semarang, oleh Happy Damayanti, Mahasiswa jurusan Sejarah di Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.
Hasil belajar sejarah di SD Negeri Sekaran I Gunungpati Semarang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan siswa kurang tertarik dengan proses belajar mengajar yang hanya berupa hafalan saja. Aktifitas siswa belum secara optimal diberdayakan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu digunakan pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dapat berupa pembelajaran berdasarkan masalah yang mempunyai ciri utama pengajuan pertanyaan atau masalah, memusatkan kepada keterkaitan antara disiplin ilmu, penyelidikan autentik, kerjasama, dan menghasilkan karya serta peragaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Sekaran I Gunungpati Semarang pada materi sejarah pergerakan nasional, bagaimana penggunaan metode pembelajaran berdasarkan masalah pada siswa kelas V SD Negeri Sekaran I Gunungpati Semarang dan adakah penggaruh penggunaan metode pembelajaran berdasarkan masalah terhadap sikap nasionalisme siswa kelas V SD Negeri Sekaran I Gunungpati Semarang.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sekaran I Gunungpati Semarang tahun ajaran 2006/2007. Sampel adalah keseluruhan dari seluruh Populasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan angket. Metode dokumentasi untuk mengetahui keadaan siswa dan keadaan SD Negeri Sekaran I sedangkan metode angket digunakan untuk mengetahui pemahaman sikap nasionalisme siswa.
Hasil penelitian rata-rata preastasi belajar adalah 59,44 dan sesudahnya 80,78. Angka tersebut menunjukan bahwa terjadi pengguasaan materi sejarah pergerakan nasional yang tinggi dan kenaikan yang signifikan yaitu 15,82 pada penggunaan metode pembelajaran berdasarkan masalah terhadap sikap nasionlisme siswa dimana sebelumnya pembelajaran adalah 71,34 dan sesudahnya adalah 87,65 karena pembelajaran berdasarkan masalah memiliki ciri utama yaitu pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan ketrampilan berfikir dan ketrampilan pemecaham masalah, belajar berperan orang dewasa, belajar secara mandiri. Proses pembelajaran berdasarkan masalah lebih menekankan bimbingan guru yang secara berulang-ulang mendorong dan mengarahkan mereka untuk mengajukan pertanyaan, mencari penyelesian terhadap masalah yang dihadapi siswa, sedangkan siswa belajar secara mandiri. Disarankan kepada guru dapat memfariasikan metode pembelajaran dengan metode pembelajaran berdasarkan masalah
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Sekaran I Gunungpati Semarang pada materi sejarah pergerakan nasional, bagaimana penggunaan metode pembelajaran berdasarkan masalah pada siswa kelas V SD Negeri Sekaran I Gunungpati Semarang dan adakah penggaruh penggunaan metode pembelajaran berdasarkan masalah terhadap sikap nasionalisme siswa kelas V SD Negeri Sekaran I Gunungpati Semarang.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sekaran I Gunungpati Semarang tahun ajaran 2006/2007. Sampel adalah keseluruhan dari seluruh Populasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan angket. Metode dokumentasi untuk mengetahui keadaan siswa dan keadaan SD Negeri Sekaran I sedangkan metode angket digunakan untuk mengetahui pemahaman sikap nasionalisme siswa.
Hasil penelitian rata-rata preastasi belajar adalah 59,44 dan sesudahnya 80,78. Angka tersebut menunjukan bahwa terjadi pengguasaan materi sejarah pergerakan nasional yang tinggi dan kenaikan yang signifikan yaitu 15,82 pada penggunaan metode pembelajaran berdasarkan masalah terhadap sikap nasionlisme siswa dimana sebelumnya pembelajaran adalah 71,34 dan sesudahnya adalah 87,65 karena pembelajaran berdasarkan masalah memiliki ciri utama yaitu pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan ketrampilan berfikir dan ketrampilan pemecaham masalah, belajar berperan orang dewasa, belajar secara mandiri. Proses pembelajaran berdasarkan masalah lebih menekankan bimbingan guru yang secara berulang-ulang mendorong dan mengarahkan mereka untuk mengajukan pertanyaan, mencari penyelesian terhadap masalah yang dihadapi siswa, sedangkan siswa belajar secara mandiri. Disarankan kepada guru dapat memfariasikan metode pembelajaran dengan metode pembelajaran berdasarkan masalah
Baca dan Download Skripsi Pendidikan
Untuk membaca pemaparan lebih lengkap dalam Skripsi berjudul Penggaruh penggunaan metode pembelajaran berdasarkan masalah pada
materi sejarah pergerakan nasional terhadap sikap nasionalisme siswa SD
Negeri Sekaran I Gunungpati Semarang tahun ajaran 2006/2007 ini, silakan baca secara online atau download dengan mengklik gambar di bawah.
Skripsi setebal 93 halaman dilengkapi dengan halaman judul, pengesahan, pernyataan, moto dan persembahan, kata pengantar, abstrak, daftar isi, daftar tabel, daftar lampiran, daftar gambar, dan daftar pustaka serta lampiran-lampiran.
0 comments :
Post a Comment
Tinggalkan komentar Anda di sini: