20130327

Karya Tulis | Pendidikan Karakter Hidup Sehat

KARYA TULIS | PENDIDIKAN KARAKTER HIDUP SEHAT ini adalah contoh karya tulis ilmiah tentang pendidikan karakter dalam menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat. Karya tulis ilmiah ini  disusun dalam upaya mengikuti lomba penulisan karya tulis ilmiah yang diadakan Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan Tahun 2012. Penyusunnya adalah Dra. Suratiningsih, TK Negeri Pembina Kawedanan Magetan.

Karya tulis ilmiah dengan judul “Kontribusi Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak TK mencoba membahas tentang pendidikan anak usia dini dalam hal ini TK untuk menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat masih jauh dari kata cukup.


Pendidikan karakter adalah  pendidikan sejatinya  melalui pemahaman konsep, aplikasi dan   refleksi serta penyaturagaan  hakikat diri sebagai manusia cerdas dan otonom  yang mampu untuk berbuat  yang terbaik  untuk diri sendiri, lingkungan , bangsa  dan agama.. Pada pendidikan karakter  peserta didik dididik untuk menjadi dirinya sendiri dalam keserasian dengan orang lain, lingkungan dan masa depan bangsa.

Sedangkan Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebaiknya mulai diajarkan dan ditumbuhkan  sejak dini (usia TK) sehingga PHBS dapat menjadi akhlak yang mengakar dalam kepribadian. Karena kualitas sumber daya manusia (SDM) sangat ditentukan dua faktor yang saling berkaitan dan bergantung yaitu pendidikan dan kesehatan. Kesehatan merupakan  prasyarat utama agar upaya pendidikan tercapai, sedangkan pendidikan yang diperoleh akan sangat mendukung  tercapainya peningkatan staus kesehatan seseorang.

Khusus untuk anak usia dini  (TK) , guru TK harus mampu dan memahami bahwa anak TK adalah generasi  bangsa dimasa depan, yang perlu dijaga, ditingkatkan dan dilindungi kesehatannya. Oleh karena diusia keemasan ini, guru harus sudah menanamkan dan menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat melalui pendidikan karakter sehingga dapat terwujud tujuan pendidikan nasional yang berbunyi “:mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang bertakwa terhadap Tuhan YME dan berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan “.

Baca dan Download Karya Tulis Pendidikan Karakter

Untuk membaca pemaparan lebih lengkap dalam karya tulis pendidikan karakter hidup bersih dan sehat ini silakan baca secara online atau download ini dengan mengklik gambar di bawah.


Karya Tulis ini tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 39 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, pengesahan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul karya tulis lainnya, baca Karya Tulis.

Semoga karya tulis ini bermanfaat.

KARYA TULIS ILMIAH LAINNYA:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 3/27/2013

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: