20121121

Skripsi PTK Pembelajaran Kooperatif STAD Matematika SMP

SKRIPSI PTK PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD MATEMATIKA SMP merupakan sebuah skripsi yang disusun melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas VII D SMP Negeri 2 Depok Pada Materi bangun Segi Empat.

Skripsi berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini disusun oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Model pembelajaran  Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Ilustrasi: gkoco-bloggurumatematika.blogspot.com 

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa terutama pada materi bangun segiempat menggunakan model pembelajaran  Student Teams-Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Depok. 

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I sebanyak 3 pertemuan dan siklus II sebanyak 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Depok. Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe  Student Teams-Achievement Divisions (STAD) di kelas VII D SMP Negeri 2 Depok. Instrumen penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, soal tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Student Teams-Achievement Divisions  (STAD) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII D SMP  Negeri 2 Depok setelah siklus II dilaksanakan, khususnya pada materi bangun segiempat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor rata-rata tiap aspek pemecahan masalah yang dicapai siswa pada tes akhir siklus I  dan setelah tes akhir siklus II, yaitu kemampuan siswa dalam memahami masalah dengan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan berdasarkan soal meningkat dari 51,47% menjadi 92,02%. Kemampuan siswa merencanakan pemecahan masalah, yaitu menentukan bagaimana cara menyelesaikan dan mencari hubungan antara data yang diketahui dengan apa yang ditanyakan meningkat dari 74,04% menjadi 96,64%. Kemampuan siswa menyelesaikan masalah, yaitu memproses data sesuai dengan strategi yang dipilih dalam memecahkan masalah meningkat dari 65,50% menjadi 69,35%. Kemampuan siswa menyimpulkan hasil akhir dengan memeriksa kembali hasil yang diperoleh meningkat dari 47,79% menjadi 53,92%. Nilai rata-rata tes akhir siklus meningkat dari 61,68 menjadi 74,19 dari siklus I ke siklus II.

BACA DAN DOWNLOAD. Selengkapnya skripsi dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas VII D SMP Negeri 2 Depok Pada Materi bangun Segi Empat ini dapat dibaca atau pun didownload dengan mengklik gambar di bawah.


PANDUAN DOWNLOAD. Apabila mengalami hambatan saat membaca ataupun mendownload, baca panduannya di Cara Download. Sedangkan bila ingin menyimak daftar laporan PTK lainnya simak daftar lengkapnya di Daftar PTK/PKP.

Semoga skripsi PTK ini bermanfaat.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 11/21/2012

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: