20121124

Skripsi Pendidikan Pondok Pesantren Tradisional

SKRIPSI PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN TRADISIONAL adalah sebuah skripsi berjudul lengkap Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Perspektif Pendidikan Islam Indonesia yang disusun oleh mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jember. Skripsi ini diajukan untuk memenuhi syarat memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I).


ABSTRAK. Diakui atau tidak, Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan tertua yang melekat dalam perjalanan kehidupan Indonesia sejak ratusan tahun yang silam dan telah banyak memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan bangsa ini, karena itu tak heran bila pakar pendidikan sekalas Ki Hajar Dewantoro dan Dr. Soetomo pernah mencita citakan model sistem pendidikan pesantren sebagai model pendidikan Nasional. Bagi mereka model pendidikan pesantren merupakan kreasi cerdas budaya Indonesia yang berkarakter dan patut untuk terus dipertahankembangkan. 

Karena banyak hal yang belum tereksplorasi dari pendidikan pondok pesantren tradisonal dalam persepktif pendidikan islam indonesia, maka penelitian ini dilakukan. 

Secara spesifik penelitian ini bertujuan mendiskripsikan Pendidikan Pondok Pesantren Tradisional dalam Perspektif Pendidikan Islam Indonesia, mendiskripsikan visi dan misi pendidikan pondok pesantren tardisional, mendiskripsikan kurikulum pendidikan pondok pesantren tradisional, dan mendiskripsikan managemen pendidikan pondok pesantren tradisional 

Hasil kajian ini selain sebagai persyaratan memperoleh gelar sarjana pendidikan Islam (S.Pd.I) di STAIN Jember, juga diharapkan bermanfaat bagi pihak pihak terkait sebagai bahan komparasi, evaluasi dan pengembangan lebih lanjut, sebagai upaya inovasi ilmiah untuk memperbanyak kazanah keilmuan juga sebagai masukan dan bahan pertimbangan dalam melakukan kebijakan kebijakan yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan. 

Mengingat penelitian ini bersifat penelitian pustaka, maka data yang diperlukan dikumpulkan melalui studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bahwa dalam perspektif pendidikan Islam Indonesia, pendidikan pondok pesantren tradisional merupakan bagian tak terpisahkan dari pendidikan nasional yang memberikan pencerahan bagi peserta didik secara integral, baik kognitif (knowlagde), afektif (attucude) maupun psikomotorik (skill), (2) Bahwa visi dan misi pendidikan pondok pesantren tradisional dalam persepktif pendidikan islam indonesia adalah : Pertama, menekankan pada prinsip asasul khomsah atau panca jiwa, yakni keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukuwah islamiyah dan kebebasan. Kedua, pola relasi kiai dengan santri tidak sekedar bersifat fisikal, tetapi juga bersifat batiniyah. Ketiga, pendidikan pondok pesantren selain diarahkan pada transmisi ilmu ilmu keislaman, pemeliharaan tradisi Islam dan reproduksi ulama’, juga dimaksudkan menjadi alternatif bagi People centered development, Value oriented development, Institution development dan Self reliance and sustainability. (3) Bahwa kurikulum pendidikan pondok pesantren tradisonal saat ini tidak sekedar fokus pada kita kitab klasik (baca : ilmu agama), tetapi juga memasukkan semakin banyak mata pelajaran dan keterampilan umum, saat ini di pendidikan pondok pesantren dikhotomi ilmu mulai tidak populer. (4) Bahwa dari sisi managemen kelembagaan, di lembaga pendidikan pondok pesantren tradisional saat ini telah terjadi perubahan mendasar, yakni dari kepeminpinan yang sentralistik, hirarkis dan cenderung singgle fighter berubah menjadi model managemen kolektif seperti model yayasan.

BACA DAN DOWNLOAD. Lebih lanjut pembahasan skripsi ini dapat dibaca atau didownload dengan mengklik gambar berikut.


File skripsi ini tersedia dalam format microsoft office yang dilengkapi dengan halaman judul, daftar isi, kata pengantar, abstrak, daftar pustaka, dan lampiran.

PANDUAN DOWNLOAD. Apabila mengalami kesulitan saat membaca atau mendownload, baca petunjuknya di Cara Download.

Semoga skripsi ini bermanfaat.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 11/24/2012

2 comments :

Tinggalkan komentar Anda di sini: