20121102

Media Pembelajaran Telinga Indera Pendengar

MEDIA PEMBELAJARAN TELINGA INDERA PENDENGAR ini berupa file swf yang berukuran sangat kecil namun secara detail dan simple mampu menerangkan tentang salah satu panca indera kita yaitu indera pendengar atau telinga. Ini melengkapi tulisan tentang Media Pembelajaran Lidah yang kami post sebelumnya.

Media pembelajaran tentang telinga ini tentunya sangat pas digunakan oleh guru dalam mengilustrasi materi panca indera dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan menarik dan memudahkan visualisasi yang akan meningkatkan tingkat pemahaman siswa kan materi tersebut. Bagi siswa pun, media pembelajaran ini akan sangat bermanfaat jika digunakan sebagai media belajar mandiri.



Penggunaan media pembelajaran ini sangat mudah. Namun materi yang dijabarkan di dalamnya tergolong komplit. Dimulai dengan apersepsi tentang pendengaran, kemudian dilanjutnya dengan pembahasan bagian-bagian telinga yang dapat dipih secara bergantian antara telingan bagian luar, telinga bagian tengah, dan telinga bagian dalam.

Pun materi pembelajaran ini memberikan animasi menarik tentang simulasi saat suatu bunyi terdengar, merambat di udara, dan tertangkap lubang telinga hingga. Bunyi tersebut akhirnya tertangkap oleh gendang telinga, masuk ke dalam rumah siput hingga akhirnya diantarkan ke dalam otak. Tidak cukup sampai di situ, media pembelajaran buatan Kemdikbud ini pun dilengkapi dengan latihan soal untuk menguji tingkat pemahaman siswa. 
 


DOWNLOAD MEDIA PEMBELAJARAN TELINGA. Bagi para guru, siswa, maupun orang tua yang tertarik untuk mengunduh media pembelajaran ini silakan langsung men-download file swf yang hanya berukuran 1,2 Mb saja ini. Untuk mendownload klik gambar berikut.



PANDUAN DOWNLOAD. File-file di Blog Pusat Makalah ini dapat didownload dengan gratis dan mudah. Namun jika bingung, silakan baca artikel CARA DOWMLOAD terlebih dahulu.

Semoga media pembelajaran ini bermanfaat bagi kita semua.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 11/02/2012

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: