20121128

Skripsi Variasi Seni Rupa dalam PAUD

SRIPSI VARIASI SENI RUPA DALAM PAUD merupakan sebuah skripsi berjudul "Variasi Seni Rupa dalam Pembelajaran Anak Usia Dini" yang disusun oleh mahasiswa Pendidikan Guru TK, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Anak Usia Dini sedang mewarnai. Ilustrasi: antarafoto.com

ABSTRAK. Secara alamiah anak sudah memiliki seni. Sejak berumur 0 tahun, anak-anak sudah mempunyai dan mampu mengembangkan imajinasi. Anak berumur 1 tahun sudah mulai mencoret-coret apa saja. Ia mulai mempelajari dan menyerap segala yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Setiap benda yang dimainkan berfungsi sesuai dengan imajinasi si anak.
Menurut teori Nancy Beal dan Gloria Bley Miller (2003 : 1), Seni merupakan lakon, menolong anak-anak untuk memahami dunia mereka. Tetapi seni melebihi lakon membuat mereka mengekspresikan pengalaman-pengalaman dan fantasi-fantasi individu dengan cara-cara konkret dan mendesak. Seni mengundang mereka
untuk menyentuh dan melakukan eksperimen, mengeksplorasi dan mentransformasi. 

Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode deskriptif yaitu menggambarkan bagaimana cara mengajarkan pembelajaran seni rupa pada anak usia dini.
Dalam tugas akhir ini, membahas bagaimana cara mengajarkan pembelajaran seni rupa pada anak usia dini. Seperti yang kita ketahui setiap orang sudah mengenal tentang seni rupa. Dalam kehidupan kita untuk melengkapi dirinya dengan berbagi peralatan dan penunjang untuk menyempurnakan pekerjaannya. Seni sebagai alat terapi, ungkapan dan komunikasi. Pembelajaran seni rupa pada anak usia dini memerlukan pengelolaan sesuai dengan karakteristik dan situasi sosial yang kondusif untuk keberhasilan belajar anak usia dini. Sehingga anak dapat mengungkapkan pengalaman-pengalaman hidup mereka sendiri.
Sebagai guru kita harus dapat menciptakan lingkungan kerja, suasana yang mendukung dimana anak-anak dapat merasa aman, nyaman dan terlindung secara emosional. Agar pengalaman seni mereka penuh eksplorasi, tidak mengancam dan menyenangkan.

BACA DAN DOWNLOAD. Pembahasan lebih lanjut dapat dibaca atau pun didownload gratis dengan mengklik gambar berikut.


PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kelitan saat mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul skripsi lainnya, baca Daftar Skripsi dan Daftar PTK.

Semoga skripsi tentang seni rupa di PAUD ini bermanfaat.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 11/28/2012

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: