20130926

Makalah Bahasa Indonesia Pemersatu Keberagaman Suku Bangsa

Makalah bahasa Indonesia pemersatu keberagaman suku bangsa menjadi salah satu contoh makalah bahasa Indonesia terbaik. Makalah yang mengupas bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan ini untuk melengkapi tugas akhir semester mata kuliah Aplikasi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Adalah Handia Fahrurrozi, mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Mataran yang kemudian menyusun makalah dengan judul selengkapnya “Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu di Tengah Keberagaman Suku Bangsa”.

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan bahasa. Bahkan variasi bahasa daerah yang digunakan dapat di lihat di setiap provinsi. Sebagai contoh antara Jawa Barat dengan DKI Jakarta dimana satu daerah tersebut menggunakan bahasa Sunda dan satunya menggunakan bahasa Betawi. Yang lebih kaya lagi jika kita melihat di provinsi kita Nusa Tenggara Barat, disini setidaknya ada 3 suku besar yaitu Sasak, Sawama dan Mbojo. Namun, ketiga suku tersebut tingkatan dan jenis bahasa yang digunakan sangat beragam. Sehingga ketika seseorang hanya mampu menggunakan bahasa Sasak dalam pergaulan sehari-hari tidak akan pernah mengerti jika di datang ke suatu tempat yang juga menggunakan bahasa Sasak, namun dengan logat yang berbeda.

Keragaman bahasa tersebut memerlukan suatu bahasa persatuan yang dapat di mengerti oleh setiap lapisan masyarakat, suku bangsa, dan adat. Sehingga variasi bahasa yang kita miliki tetap lestari yang dinaungi oleh bahasa persatuan tersebut.


Baca dan Download

Makalah berjudul "Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu di Tengah Keberagaman Suku Bangsa” ini mencoba menguraikan hal tersebut. Mencoba menelaah peran Bahasa Indonesia sebagai bahasapersatuan sekaligus sebagai identitas nasional bangsa.

Untuk membaca pemaparan lebih lengkap terkait peranan bahasa Indonesia di tengah keberagaman bahasa daerah di Indonesia, silakan baca secara online atau download makalah gratis ini dengan mengklik gambar download di akhir artikel ini.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

MAKALAH BAHASA LAINNYA:


Semoga makalah bahasa Indonesia ini bermanfaat.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 9/26/2013

2 comments :

  1. makasih nitip link
    http://www.dhanhariz.esy.es/search/Label/makalahkita

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Anda di sini: