20121218

Makalah Antropologi | Pendidikan Setara dan Merata

MAKALAH ANTROPOLOGI | PENDIDIKAN SETARA DAN MERATA adalah makalah tentang Antropologi Pendidikan dengan judul Pendidikan Indonesia yang Setara dan Merata untuk Semua. Makalah ini disusun oleh mahasiswa jurusan Sosiologi dan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang guna memenuhi tugas mata kuliah Antropolgi Pendidikan.

Pendidikan di daerah terpencil

Pendidikan nasional mendengungkan filosofi “Education For All” alias Pendidikan Untuk Semua”. Dijelaskan bahwa ruh dari filosofi ini adalah pendidikan mampu menjangkau segala lapisan masyarakat. Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menjanjikan pendidikan akan menjangkau anak usia sekolah yang selama ini tak terjangkau. Beberapa pokok permasalahan yang menyebabkan terjadinya kesenjangan pelayanan pendidikan oleh pemerintah ialah adanya latar belakang sosial, geografis, ataupun latar belakang budayanya.

Wilayah geografis Indonesia tidak hanya sebatas di pulau Jawa saja namun terbentang dari sabang sampai merauke. Dengan adanya wilayah seluas itu mengakibatkan belum meratanya pelayanan pendidikan yang diberikan pemerintah kepada masing-masing daerah. Daerah satu dengan daerah yang lainnya belum sama tingkat kesejahteraannya. Sebagai contoh, antara Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan daerah di pedalaman Papua tidak sama tingkat kesejahteraannya. Hal tersebut mengakibatkan bentuk pelayanan pendidikan di daerah pedalaman Papua tertinggal dibanding dengan Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

BACA DAN DOWNLOAD. Selengkapnya makalah ini dapat dibaca atau didownload dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 9 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau bingung saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah tentang antropologi pendidikan ini bermanfaat.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 12/18/2012

1 comments :

Tinggalkan komentar Anda di sini: