20121214

Makalah Dampak Penambangan Terhadap Lingkungan dan Ekonomi

MAKALAH DAMPAK PENAMBANGAN TERHADAP LINGKUNGAN DAN EKONOMI adalah sebuah makalah tentang lingkungan dan ekonomi yang dengan judul selengkapnya Dampak Kegiatan Penambangan Terhadap Pencemaran Air dan Perekonomian Nelayan. Makalah ini disusun oleh mahasiswa Ilmu dan Teknologi Lingkungan, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga.

Pencemaran pantai berakibat matinya berbagai ikan.

Industri pertambangan merupakan salah satu industri yang diandalkan pemerintah Indonesia untuk mendatangkan devisa. Selain mendatangkan devisa industri pertambangan juga menyedot lapangan kerja dan bagi Kabupaten dan Kota merupakan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kegiatan pertambangan merupakan suatu kegiatan yang meliputi: Eksplorasi, eksploitasi, pengolahan pemurnian, pengangkutan mineral/bahan tambang. Industri pertambangan selain mendatangkan devisa dan menyedot lapangan kerja juga rawan terhadap pengrusakan lingkungan. Banyak kegiatan penambangan yang mengundang sorotan masyarakat sekitarnya karena pengrusakan lingkungan, apalagi penambangan emas tanpa izin yang selain merusak lingkungan juga membahayakan jiwa penambang karena keterbatasan pengetahuan si penambang dan juga karena tidak adanya pengawasan dari dinas instansi terkait (Yudhistira, 2008 dalam Ahyani 2011). 

Seperti juga perusahaan pertambangan raksasa, masyarakat yang menambang ini juga dituding sebagai sumber terjadinya degradasi lingkungan. Meskipun dianggap termasuk sebagai pemicu peristiwa degradasi lingkungan, ancaman yang paling serius dari mereka ternyata adalah adanya pencemaran merkuri. Pencemaran ini terjadi sebagai akibat para penambang (dalam hal ini adalah penambang emas primer) tersebut menggunakan merkuri dalam usaha memisahkan emas dari material pembawanya. Selanjutnya merkuri yang tercampur dengan dengan air buangan kemudian mencemari air tanah dan sungai.

Rumusan masalah dalam makalah berjudul Dampak Kegiatan Penambangan Terhadap Pencemaran Air dan Perekonomian Nelayan ini meliputi:
  1. Seberapa besar tingkat pencemaran perairan akibat kegiatan penambangan?
  2. Apakah pengaruhnya terhadap perekonomian nelayan?
  3. bagaimanakah solusi dari masalah tersebut?

BACA DAN DOWNLOAD. Selengkapnya makalah ini dapat dibaca atau didownload dengan mengklik gambar di bawah.


Makalah tersedia dalam file berformat microsoft office word setebal 11 halaman yang dilengkapi dengan halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

PANDUAN DOWNLOAD. Bila mengalami kendala atau bingung saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Makalah.

Semoga makalah tentang islam ini bermanfaat.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 12/14/2012

0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di sini: