PTK PKn 5 SD VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE merupakan sebuah laporan PKP dalam bentuk PTK (Penelitian Tindakan Kelas) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas 5 Sekolah Dasar. Pelaksanaan PTK ini menggunakan model pembelajaran yaitu model VCT (Value Clarification Technique atau Teknik Pengungkapan Nilai) dengan materi pelajaran mengenai Pengertian Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Laporan PKP dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini mempunyai judul selengkapnya Metode Value Clarification Technique Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V MI Miftahul Huda Sukobubuk Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Tentang NKRI. Disusun oleh mahasiswa PGSD Universitas Terbuka di UPBJJ Semarang.
Dalam PKn dikenal suatu model pembelajaran yaitu model VCT (Value Clarification Technique/Teknik Pengungkapan Nilai). Menurut A. Kosasih Djahiri (1985), model pembelajaran VCT meliputi : (1) metode percontohan; (2) Analisis Nilai; (3) VCT Daftar/matrik yang meliputi (a) daftar baik-buruk; (b) Daftar tingkat urutan; (c) daftar skala prioritas; (d) daftar gejala kontinum; (e) daftar penilaian diri; (f) daftar membaca pikiran orang lain tentang diri kita; (g) perisai kepribadian diri; (4)VCT dengan kartu keyakinan; (5) VCT melalui teknik wawancara; (6) teknik yurisprudensi; dan (7) teknik inkuiri nilai.
Pola pembelajaran VCT menurut A. Kosasih Djahiri (1992) dianggap unggul untuk pembelajaran afektif karena :
Laporan PKP dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini mempunyai judul selengkapnya Metode Value Clarification Technique Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V MI Miftahul Huda Sukobubuk Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Tentang NKRI. Disusun oleh mahasiswa PGSD Universitas Terbuka di UPBJJ Semarang.
Dalam PKn dikenal suatu model pembelajaran yaitu model VCT (Value Clarification Technique/Teknik Pengungkapan Nilai). Menurut A. Kosasih Djahiri (1985), model pembelajaran VCT meliputi : (1) metode percontohan; (2) Analisis Nilai; (3) VCT Daftar/matrik yang meliputi (a) daftar baik-buruk; (b) Daftar tingkat urutan; (c) daftar skala prioritas; (d) daftar gejala kontinum; (e) daftar penilaian diri; (f) daftar membaca pikiran orang lain tentang diri kita; (g) perisai kepribadian diri; (4)VCT dengan kartu keyakinan; (5) VCT melalui teknik wawancara; (6) teknik yurisprudensi; dan (7) teknik inkuiri nilai.
Pola pembelajaran VCT menurut A. Kosasih Djahiri (1992) dianggap unggul untuk pembelajaran afektif karena :
- mampu membina dan mempribadikan (personalisasi) nilai moral.
- mampu mengklarifikasi dan mengungkapkan isi pesan nilai moral yang disampaikan.
- mampu mengklarifikasi dan menilai kualitas nilai moral diri siswa dan nilai moral dalam kehidupan nyata.
- mampu mengundang, melibatkan, membina, dan mengembangkan potensi diri siswa terutama potensi afektualnya.
- mampu memberikan pengalaman belajar berbagai kehidupan.
- mampu menangkal, meniadakan, mengintervensi, dan menyubversi berbagai nilai-nilai naïf yang ada dalam system nilai dan moral yang ada dalam diri seseorang.
- menuntun dan memotivasi hidup layak dan bermoral tinggi.
Baca dan Download
Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) dalam bentuk laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat dibaca secara online ataupun langsung didownload dalam format microsoft word. Untuk mendownload klik bagian-bagian berikut:
Panduan Download
Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul PTK, Skripsi dan makalah lainnya, gunakan fasilitas pencarian "Cari Makalah dll" di pojok kanan atas atau lihat halaman Daftar Isi.PTK dan PKP LAINNYA:
- Laporan PTK / PKP PKn Kelas 5 SD
- Laporan PTK / PKP PKn 4 SD Diskusi
- Laporan PTK/PKP Matematika SD 5 KPK FPB
- Download PTK / PKP Bahasa Indonesia 5 SD
- Laporan PTK / PKP IPA Demonstrasi Kelas IV SD
- Laporan PTK / PKP IPS Kelas VI SD
- Skripsi PTK Pembelajaran Kooperatif STAD Matematika SMP
komplit dan lengkap artikelnya,,, kunjungi balik artikel makalah terbaru ya www.killdo.de.gg
ReplyDelete