20130422

Laporan PTK / PKP IPA Demonstrasi Kelas IV SD

Laporan PTK / PKP IPA Demonstrasi Kelas IV SD ini adalah sebuah laporan PKP dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelas 4 Sekolah Dasar (SD). Penyusunannya dimaksudkan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional pada program Strata 1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Terbuka, oleh Ismiyati.

Laporan PKP dalam bentuk PTK ini mengambil judul "Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas IV MI Raudlatul Falah Gembong Pati Tahun Pelajaran 2012/2013".


Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran utama di Sekolah Dasar. Pembelajaran mata pelajaran ini biasa diajarkan secara konvensional hampir di setiap sekolah dasar, dengan metode klasik ceramah sehingga menciptakan kejenuhan dalam lingkungan belajar, dikarenakan siswa hanya cenderung mendengar dan mendengarkan. Dan hal tersebut menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap suatu materi ajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes akhir pembelajaran mata pelajaran IPA pada materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya, dari jumlah siswa kelas IV sebanyak 32 siswa dengan KKM 75, hanya 7 siswa yang mampu mencapai KKM atau sekitar 21,87 %, sedangkan yang 25 siswa atau 78,12 % belum mencapai KKM, adapun  rata-rata kelas hanya mencapai 66,87.

Melihat kenyataan tersebut penulis bertanggungjawab untuk memperbaiki pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui perbaikan pembelajaran, agar prestasi yang diharapkan dapat tercapai dengan baik. Adapun perbaikan pembelajaran tersebut penulis kemas dalam  sebuah penelitian tindakan kelas.  Dengan adanya metode demonstrasi ini diharapkan kemampuan siswa dalam memahami materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya benar–benar mengalami kemajuan. Berdasarkan uraian latar belakang diatas maka penulis melakukan refleksi/perenungan dan  terinspirasi untuk mengkaji masalah tersebut dalam sebuah penelitian.

Download Laporan PKP / PTK IPA Kelas IV SD


Selengkapnya laporan  Laporan PKP dalam bentuk PTK ini mengambil judul "Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas IV MI Raudlatul Falah Gembong Pati Tahun Pelajaran 2012/2013" dapat didownload secara gratis.

Untuk mengunduhnya klik tautan di bawah:
  1. Cover (Sampul, Lembar Pengesahan, hingga Kata Pengantar, Daftar Isi)
  2. Isi dan Lampiran (Bab I hingga Bab V dan RPP)
  3. Silabus
  4. APKG
Apabila kesulitan mendownload baca petunjuknya di Cara Download.

Semoga Laporan PKP dalam bentuk PTK ini bermanfaat.

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 4/22/2013