20130426

Skripsi Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar

Skripsi Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar merupakan salah satu dari kumpulan skripsi siap download dengan judul selengkapnya Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas II Smu Lab School Jakarta Timur.

Skripsi Amalia Safitri Wahyuningsih disusun untuk memenuhi syarat-syarat guna memperoleh gelar Sarjana Psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI, Jakarta.

Selama ini tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang tinggi pula. Namun, berdasarkan hasil penelitian terbaru di bidang psikologi menyatakan IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, namun prestasi belajar akan dipengaruhi oleh berbagai aspek yang salah satunya adalah kecerdasan emosional. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui apakah ada peranan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pada siswa kelas II SMU.

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Sedangkan prestasi belajar dapat diartikan sebagai hasil belajar dari suatu aktivitas belajar yang dilakukan berdasarkan pengukuran dan penilaian terhadap hasil kegiatan belajar dalam bidang akademik yang diwujudkan berupa angka-angka dalam rapor.

Apabila seorang siswa memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, maka akan meningkatkan prestasi belajar. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas II SMU dan Hipotesis nihil (Ho) adalah tidak ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas II SMU.

Download Skripsi Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar

Pembahasan lebih detail dan terperinci mengenai hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar dapat dibaca dalam skripsi ini. Untuk mendapatkannya silakan baca secara online atau langsung download dengan mengklik gambar berikut:


Skripsi tersedia dalam dokumen microsodt office word setebal 72 halaman.

Cara Mendownload Skripsi

Jika mengalami kesulitan dalam mendownload skeipsi mengenai hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar ini silakan baca Cara Download. Dan jika ingin membaca berbagai contoh skripsi lainnya dapatkan daftar koleksi terlengkapnya di Daftar Skripsi.

Semoga skripsi ini bermanfaat.

Skripsi Lainnya:
 

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 4/26/2013